Deretan Tanda Kiamat Sudah Terjadi Saat Ini

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 02 Maret 2023
0 dilihat
Deretan Tanda Kiamat Sudah Terjadi Saat Ini
Gunung di Mekah yang mulai berlubang menjadi tanda kiamat. pada 2011 silam, Mekah mulai melaksanakan proyek pembangunan 55 terowongan melalui pegunungan dan sejumlah ruas jalan. Foto: Repro Paragram.id

" Hari kiamat ditandai dengan hancurnya seluruh alam semesta beserta isinya serta menjadi hari terakhir seluruh makhluk hidup dan segala isinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari kiamat merupakan sebuah kepastian yang wajib diimani oleh setiap umat Islam. Meyakininya termasuk dalam rukum iman kelima.

Keberadaan hari kiamat yang juga termuat dalam Al-Qur'an, dimana semua makhluk hidup pun akan binasa dan akan kembali pada Allah Sang Pencipta. Hari kiamat sendiri ditandai dengan hancurnya seluruh alam semesta beserta isinya serta menjadi hari terakhir seluruh makhluk hidup dan segala isinya hidup di dunia.

Melansir Sonora.id dan Sindonews.com, inilah tanda kiamat yang sudah terjadi:

1. Maraknya pembunuhan

Tanda kiamat yang sudah terjadi di bumi dan banyak bermunculan yaitu maraknya pembunuhan. Bahkan, hal ini terdapat dalam hadis Rasulullah SAW.

Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan terjadi kiamat, sehingga banyak terjadi haraj. Sahabat bertanya apa itu haraj ya Rasulullah? Rasulullah SAW menjawab, haraj adalah pembunuhan-pembunuhan,” (HR. Muslim).

2. Menghijaunya Arab Saudi

Arab Saudi dulunya hanya daerah gersang tanpa sumber air. Seiring waktu, kini Arab Saudi mulai menghijau dan banyak ditumbuhi pepohonan di berbagai wilayahnya. Bahkan warga Saudi beberapa kali dikejutkan dengan turunnya Salju di beberapa wilayahnya.

Baca Juga: 3 Tanda Kiamat Sudah Muncul di Israel?

Jika mengacu hadis dari Abu Hurairah, fenomena ini bisa saja disebut sebagai salah satu tanda semakin dekatnya akhir zaman. Rasulullah SAW pernah bersabda:

Artinya: "Tidak akan tiba hari Kiamat hingga tanah Arab kembali hijau penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai," (HR Muslim).

Dalam riwayat lain: "Kiamat tidak akan terjadi hingga wilayah Arab kembali menjadi tanah yang subur banyak padang hijau dan sungai-sungai. Hingga orang yang melakukan safar antara Iraq dan Mekah, tidak ada yang ditakuti selain kegelapan di jalan. Dan tidak muncul Kiamat sampai terjadi banyak pembunuhan," (HR Ahmad 8833).

3. Gunung di Mekah mulai berlubang

Gunung di Mekah yang mulai berlubang menjadi tanda kiamat. Ini terbukti dengan gunung-gunung di Mekah adanya terowongan-terowongan di sana. Banyaknya terowongan yang ada di Mekah, sehingga kota ini dijuluki sebagai kota terowongan.

Dikutip dari Dream.co.id, pada 2011 silam, Mekah mulai melaksanakan proyek pembangunan 55 terowongan melalui pegunungan dan sejumlah ruas jalan. Pada pembangunan ini 10 terowongan di khususkan bagi para pejalan kaki. Sementara sisanya untuk kendaraan bermotor. Total panjang terowongan keseluruhan adalah 30 kilometer.

3. Banyaknya gempa bumi

Seringnya gempa bumi menjadi salah satu tanda kiamat sudah dekat. Hal ini juga kerap terjadi di Indonesia.

Baca Juga: Tanda Kiamat Ini Telah Terjadi di 2023

“Tidak akan tiba hari kiamat hingga banyak terjadi gempa bumi,” (HR Bukhari).

Peristiwa gempa bumi sendiri telah banyak dijelaskan dalam Al-Qur'an. Beberapa umat terdahulu juga pernah merasakan gempa bumi dahsyat. Menurut Hasbullah Tasmin Tangngareng dalam Jurnal Adabiyah, gempa pernah terjadi pada masa Nabi Sholeh AS, Nabi Luth AS, Nabi Syu'aib AS, Nabi Musa AS, hingga Nabi Muhammad SAW.

4. Banyak bangunan menjulang tinggi

Banyaknya bangunan tinggi menjadi salah satu tanda datangnya kiamat.

“Dan bila engkau menyaksikan mereka yang berjalan tanpa alas kaki, tidak berpakaian, fakir dan penggembala kambing berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi,” (HR. Bukhari). (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga