Deretan Tradisi Unik Sambut Hari Raya Idul Fitri di Berbagai Negara

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 13 April 2023
0 dilihat
Deretan Tradisi Unik Sambut Hari Raya Idul Fitri di Berbagai Negara
Salah satu tradisi unik Lebaran di Turki adalah memberikan coklat atau permen kepada keluarga dan kerabat. Foto: Repro Malangtimes.com

" Umat Muslim di setiap belahan dunia punya tradisi dan caranya masing-masing dalam merayakan hari raya Idul Fitri "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari raya Idul Fitri selalu menjadi momen yang meriah dan penuh perayaan yang bahagia dan sukacita. Umat Muslim di setiap belahan dunia punya tradisi dan caranya masing-masing dalam merayakan hari raya Idul Fitri.

Dilansir dari Tempo.co dan Beautynesia.id, berikut beberapa tradisi unik menyambut hari raya di berbagai negara.

1. Arab Saudi

Tradisi Lebaran di Arab Saudi yakni mengadakan pagelaran teater, membaca puisi, acara musik, tari, dan kegiatan seni lainnya yang bertujuan untuk menyambut Lebaran sebagai perayaan besar Islam setahun sekali.

Selain itu, menariknya, tradisi Lebaran di Arab Saudi, warga akan menghias rumah dengan hiasan khas Lebaran. Usai melaksanakan salat Ied, dilanjut dengan silaturahmi sambil memakan hidangan khas Lebaran berupa daging domba yang dicampur dengan nasi dan sayuran.

2. Mesir

Tradisi Lebaran di Mesir yakni melakukan silaturahmi dengan tetangga, kerabat, dan orang-orang terdekat sambil menyantap hidangan khas Lebaran berupa ranja yakni makanan yang terbuat dari ikan dan acar.

3. Turki

Lebaran di Turki disebut dengan Bayram dan orang-orang Turki akan menggunakan pakaian tradisional yang dinamakan Bayramlik. Masyarakat Turki memiliki budaya saling bersilaturahmi, bersalaman, dan meminta maaf kepada keluarga, teman, dan kerabat sambil memberikan coklat, permen, uang koin, atau makanan tradisional seperti lokum dan baklava.

Baca Juga: Mengenal Lentera Fanous Tradisi Ramadan di Mesir, Berawal dari Merayakan Lahirnya Dewa

Selain itu, salat Ied di Turki yang pergi ke masjid hanya laki-laki saja, sementara perempuan melakukan salat Ied di rumah.

4. China

Tradisi Lebaran masyarakat China adalah ziarah kubur, dengan mengunjungi makam para leluhur sebagai penghormatan untuk ratusan ribu umat Muslim yang tewas selama revolusi kebudayaan pada Dinasti Qing.

Sementara itu, pakaian yang digunakan masyarakat China saat Lebaran adalah menggunakan jas dan kopiah putih bagi laki-laki dan baju hangat serta kerudung bagi perempuan.

5. Australia

Australia memiliki tradisi Lebaran yang unik seperti berkumpul bersama orang terdekat, bersilaturahmi, dan mengadakan festival multikultur yang dibuka untuk umum dan melibatkan agama-agama lainnya agar datang berkunjung memeriahkan festival.

6. Nigeria

Lebaran di Nigeria disebut dengan Sallah Kecil yang memiliki tradisi dengan saling mengucapkan salam Barka Da Sallah yang berarti Salam Sejahtera di Hari Raya.

Baca Juga: Berburu Takjil jadi Tradisi Saat Ramadan Tiba

Masyarakat Nigeria walaupun hidup berdampingan dengan pemeluk agama Kristen dan agama lainnya, namun tingkat toleransi mereka cukup tinggi hingga bisa saling menghormati satu sama lain.

7. Jerman

Tradisi Lebaran di Jerman yakni bertukar hadiah ketika hari raya Idul Fitri. Hadiah yang diberikan beragam, mulai dari makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya dengan cara berkunjung atau bersilaturahmi ke rumah kerabat dan teman-teman Muslim terdekat.

8. Amerika Serikat

Tradisi Lebaran di Amerika Serikat yakni saling menelpon dan memberitahu melalui media sosial akan pengumuman 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri. Menariknya, karena mayoritas muslim di negara ini adalah imigran, maka pakaian tradisional yang dikenakan akan berwarna-warni dan berbagai macam bentuk sesuai dengan negara asal masing-masing. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga