adplus-dvertising

Dewan Sebut Kapal Penumpang Sikeli-Kasipute Tak Layak Pakai

Hir Abrianto, telisik indonesia
Rabu, 24 Februari 2021
1444 dilihat
Dewan Sebut Kapal Penumpang Sikeli-Kasipute Tak Layak Pakai
Sejumlah armada kapal terparkir di pelabuhan Kasipute. Foto: Hir/Telisik

" Dalam waktu dekat ini kami akan panggil instansi terkait. Hal ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Karena Kapal penumpang Sikeli-Kasipute ini tidak ada masa perawatannya (docking). Selain itu, kita bersyukur karena belum pernah ada musibah luar biasa di luar sana, coba pernah terjadi siapa yang mau disalahkan. "

BOMBANA, TELISIK.ID - DPRD Kabupaten Bombana menyebut, beberapa kapal reguler angkutan penumpang rute Sikeli-Kasipute secara fisik tidak layak digunakan.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD, Iskandar, saat ditemui Telisik.id Rabu (24/2/2021). Menurut Iskandar, para pengusaha perseroan ini (pemilik kapal) juga adalah masyarakat Bombana, tapi tidak mesti lebih mementingkan aktivitas ekonominya daripada aturan yang ada.

Selain itu, pihak Syahbandar dan Dinas Perhubungan setempat juga diminta untuk tegas dalam menerapkan kebijakan.


Baca juga: Kakek Manusia Perahu Tak Tersentuh Bantuan, Begini Penjelasan Lurah

"Kita tahu persis kapal-kapal angkutan penumpang kita yang tidak layak operasi secara fisik. Syahbandar dan Dinas Perhubungan harus bertanggungjawab atas pelanggaran aturan pelayaran tanpa izin trayek bahkan sebelumnya kami sudah wanti-wanti," ujar Iskandar.

Selain secara fisik, kelengkapan pelayaran lainnya pun perlu diperiksa seperti radio komunikasi khusus sehingga tidak mengandalkan jaringan telepon karena kita tahu di perairan Bombana ada yang tidak terjangkau oleh jaringan. Serta baju pelampung alat kelengkapan keselamatan berlayar.

Untuk itu, pihaknya berjanji bakal melakukan pemanggilan terhadap instansi terkait seperti 4 Unit Syahbandar, Sikeli, Dongkala, Rumbi, Boepinang selaku pihak penerbit izin berlayar dan Dinas Perhubungan Bombana juga Dinas PTSP selaku instansi penerbit surat izin trayek.

"Dalam waktu dekat ini kami akan panggil instansi terkait. Hal ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Karena Kapal penumpang Sikeli-Kasipute ini tidak ada masa perawatannya (docking). Selain itu, kita bersyukur karena belum pernah ada musibah luar biasa di luar sana, coba pernah terjadi siapa yang mau disalahkan," pungkasnya. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga