Dinas Dikbud Sulawesi Tenggara Gelar Pameran Kreatifitas Siswa Tingkat SLB

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 08 Desember 2023
0 dilihat
Dinas Dikbud Sulawesi Tenggara Gelar Pameran Kreatifitas Siswa Tingkat SLB
Pj Gubernur saat mengunjungi stand pameran kerajinan tangan dan olahan yang digelar di depan Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Beragam pameran ditampilkan dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional oleh siswa SLB yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Beragam pameran ditampilkan dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional oleh siswa SLB (Sekolah Luar Biasa) yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara.

Pameran kerajinan tangan dan olahan siswa SLB adalah acara di mana siswa dengan kebutuhan pendidikan khusus menunjukkan keterampilan mereka dalam membuat kerajinan tangan atau produk olahan. Mereka biasanya menampilkan karya seni, kerajinan, atau produk yang mereka buat sebagai bagian dari pembelajaran dan pengembangan keterampilan di sekolah.

Ini bisa menjadi kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan bakat serta hasil dari usaha dan pembelajaran mereka kepada orang lain. Pameran ini menampilkan karya-karya seni yang mereka hasilkan, baik itu kerajinan tangan maupun olahan makanan atau minuman yang mereka buat. Aneka kerajinan tangan yang mereka pentaskan di antaranya makanan seperti keripik, terasi bombana, aneka jenis kue kering, bagea, kacang mete dan sebagainya.

Sedangkan karya seni yang berasal dari lainnya berasal dari kerajinan seperti gaun, rajutan, anyaman, sulam, quilting, seperti lukisan, ukiran kayu, keramik, dan patung, pembuatan dompet, tas, atau barang-barang kulit lainnya, keranjang, tikar, atau bahan tekstil lainnya dari anyaman serat alami atau sintetis.

Baca Juga: Tingkatkan Ekskul Bidang Olahraga, Dikbud Sulawesi Tenggara Ciptakan Lingkungan dengan SDM Unggul

Ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan keterampilan mereka serta meningkatkan kepercayaan diri melalui pengakuan dan apresiasi terhadap karya mereka. Selain gelaran karya seni buatan tangan-tangan kreatif mereka, para penyandang disabilitas juga menampilkan bakatnya dalam seni tari tradisional.

Pj Gubernur bersama Kepala Dinas Dikbud Sulawesi Tenggara saat mengunjungi stand. Foto: Nur Khumairah/Telisik

 

Saat menjajal masing-masing stand, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto terlihat menanyakan asal usul produk yang dibuat oleh siswa SLB serta membeli produk olahan tangan siswa. Sembari mengajak foto bersama siswa SLB yang yang menjaga stand, nampak antusias dari masing-masing guru dan siswa menunggu Andap mendatangi stand mereka satu persatu.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Dukung Pentingnya Pramuka di Lingkungan Sekolah

"Dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember 2023 dan juga HAM yang jatuh pada 10 Desember 2023, semua itu merupakan kreativitas siswa yang perlu diimplementasikan hak-hak mereka," bebernya, Jumat (8/12/2023).

Para ASN mengunjungi stand dan membeli produk kerajinan siswa SLB yang unik dan kreatif. Foto: Nur Khumairah/Telisik

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Yusmin menuturkan, kegiatan ini berasal dari insiatif Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara untuk menyiapkan guru dan siswa penyandang disabilitas berkreasi. Kegiatan ini diikuti sebanyak 176 guru dan 138 siswa SLB dengan dengan 82 sekolah dan 75 jenis kerajinan siswa.

"Usai penyelenggaraan ini, kita akan menyaksikan hasil karya anak-anak kita melalui pembimbingan dari para guru SLB," tutupnya. (B-Adv)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga