Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara Kenalkan Terminal Tipe A, B dan C

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Rabu, 31 Mei 2023
0 dilihat
Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara Kenalkan Terminal Tipe A, B dan C
Suasana salah satu terminal di Sulawesi Tenggara. Terminal terdiri dari tiga tipe yaitu tipe A, B dan C. Foto: Febry Jahra Lestiani/Telisik

" Dishub Provinsi Sulawesi Tenggara memperkenalkan perbedaan terminal tipe A, B dan C terletak pada ukuran, jenis moda transportasi yang dilayani, dan tingkat fasilitas yang tersedia "

KENDARI, TELISIK.ID – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara memperkenalkan perbedaan terminal tipe A, B dan C terletak pada ukuran, jenis moda transportasi yang dilayani, dan tingkat fasilitas yang tersedia.

Terminal tipe A biasanya merupakan terminal utama atau pusat transportasi di suatu daerah. Terminal ini memiliki fasilitas yang lengkap dan melayani berbagai jenis moda transportasi, seperti kereta api, bus antar kota, bus kota, taksi, dan mungkin juga memiliki akses ke bandara.

Terminal tipe A biasanya memiliki fasilitas penumpang yang baik, termasuk ruang tunggu yang nyaman, toilet, restoran, dan tempat parkir yang luas. Terminal ini juga biasanya dilengkapi dengan sistem pengumuman dan informasi perjalanan yang terkini.

Terminal A di Sulawesi Tenggara ada di Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari, di bawah naungan langsung Kementerian Perhubungan, namun masih dalam tahap penyelesaian pembangunan, sehingga belum resmi dioperasikan.

Dinas Perhubunga Sulawesi Tenggara menjelaskan perbedaan 3 tipe terminal tipe A, B dan C. Foto: Febry Jahra Lestiani/Telisik

 

Terminal tipe B adalah terminal yang lebih kecil dibandingkan dengan terminal tipe A. Terminal ini biasanya melayani rute-rute regional atau lokal dalam suatu daerah. Terminal tipe B dapat berfungsi menghubungkan antara berbagai moda transportasi seperti Damri,  bus kota, dan angkutan umum lainnya.

Baca Juga: Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara Tingkatkan Pelayanan Sistem Tiket Online

Meskipun ukurannya lebih kecil, terminal tipe B umumnya tetap dilengkapi dengan fasilitas penumpang seperti toilet, ruang tunggu, dan area parkir. Terminal tipe B ada di Baruga Kota Kendari, Kota Baubau dan Kabupaten Kolaka.

Beberapa terminal masih dalam tahap perbaikan dan peningkatan fasilitas. Foto: Ist.

 

Sedangkan terminal tipe C lebih kecil dan melayani rute-rute lokal dalam suatu daerah atau kota. Terminal ini sering kali hanya melayani satu jenis moda transportasi, seperti bus kota atau angkutan umum lainnya. Terminal tipe C dapat berupa perhentian kecil di tengah kota atau area yang lebih terpencil di pinggiran kota.

Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi tenggara, La Ode Fasikin menjelaskan, perbedaan antara ketiga tipe terminal ini terutama terletak pada ukuran, jenis moda transportasi yang dilayani, dan tingkat fasilitas yang tersedia.

Baca Juga: Dinas Perhubungan Bakal Intervensi Tarif Angkutan Darat di Kabaena

‘’Terminal tipe A di bawah naungan Kemenhub langsung, sedangkan tipe B dan C di bawah naungan Dishub. Terminal C tentunya di setiap daerah atau kabupaten ada. Ya yang mobil angkot itu,’’ jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, Muhammad Rajulan mengatakan, saat ini pihaknya mulai melakukan pembenahan dan perbaikan sejumlah infrastruktur yang rusak yang ada di terminal tipe B Lakologou, Kecamatan Bungi, Kota Baubau.

"Tahun lalu sudah menganggarkan untuk perbaikan dan rehabilitasinya terutama gedung kantor, karena kemarin sempat tidak terawat, termasuk lampu-lampu dan kamar mandi dan fasilitas umum lainnya,” ungkapnya. (B-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga