adplus-dvertising

Dinas PUPR Muna Barat Tindaklanjuti Pencetakan 400 Hektare Sawah Baru

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 28 Juni 2022
420 dilihat
Dinas PUPR Muna Barat Tindaklanjuti Pencetakan 400 Hektare Sawah Baru
Bendungan di Desa Kampani, yang akan ditambah debit airnya, dan telah di-tracking jalur jaringan primer oleh Dinas PUPR Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Survei ini juga akan menjadi bahan laporan kepada Pj Bupati Muna Barat sebagai keputusan anggarannya "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menindaklanjuti rencana Penjabat Bupati Muna Barat untuk menjadikan Desa Kampani, Kecamatan Wadaga, sebagai lumbung padi.

Sesuai instruksi Pj Bupati Muna Barat yang akan menjadikan Kecamatan Wadaga sebagai lumbung padi Muna Barat, sehingga melibatkan Dinas PUPR untuk menghitung rincian anggaran yang dibutuhkan.

"Cetak sawah akan dilakukan tahun ini, anggaran akan dialokasikan melalui APBD tahun 2023," tutur Bahri.


Sekretaris Dinas PUPR Muna Barat, Surachman menuturkan, dalam menindaklanjuti instruksi itu, pihaknya telah berdiskusi bersama Kepala Desa Kampani membahas rencana lokasi persawahan serta kondisi lapangan dan kesiapan masyarakat setempat.

Baca Juga: Hadir di Kolaka Utara, Wagub Ingatkan Masyarakat Tak Termakan Hasutan

"Kemarin telah dilakukan survei awal, hari ini tim survei mulai bekerja, dengan men-tracking jalur jaringan primernya sampai ke titik lokasi rencana cetak sawah," tuturnya, Selasa (28/6/2022).

Sehingga ia berharap data elevasi serta panjang jalur jaringan primer dapat diperoleh, maka nantinya akan ditentukan besaran anggaran yang dibutuhkan untuk jaringan primer tersebut.

Kemudian survei ini juga bertujuan untuk menggambarkan lokasi bangunan serta dimensi saluran yang dibutuhkan, dan luas area sawah.

"Kita nanti lihat luas sawah yang dapat menampung air sesuai data debit air pada bendungan yang melalui jaringan primer tersebut," ungkapnya.

Baca Juga: Link Server Sulit Diakses, Diduga Ada Mafia Proyek di ULP Muna Barat

Ia juga menyampaikan bahwa survei ini juga akan menjadi bahan laporan kepada Pj Bupati Muna Barat sebagai keputusan anggarannya.

Sebab sebagai instansi teknis, tugas Dinas PUPR menyukseskan agenda pembangunan sesuai RPD tahun 2023-2026, di mana salah satu fokusnya menyempurnakan infrastruktur.

"Insya Allah dengan sinergitas semua pihak, rencana cetak sawah ini akan terwujud, dan  Desa Kampani akan menjadi lumbung padi Muna Barat," tutupnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga