Dinasti Nusantara Yakin Ganjar Mampu Rawat Kearifan Adat dan Budaya

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 18 November 2023
0 dilihat
Dinasti Nusantara Yakin Ganjar Mampu Rawat Kearifan Adat dan Budaya
Ketgam: Dinasti Nusantara komit Ganjar mampu rawat kearifan adat dan budaya, mencegah terdegradasi akibat modernisasi. Foto: Kolase

" Para pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni, dan budayawan Buton dalam Dinasti Nusantara Sulawesi Tenggara yakin Ganjar Pranowo mampu melindungi keberagaman adat, seni, dan kebudayaan dari ancaman modernisasi global "

BUTON, TELISIK.ID - Para pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni, dan budayawan Buton dalam Dinasti Nusantara Sulawesi Tenggara yakin Ganjar Pranowo mampu melindungi keberagaman adat, seni, dan kebudayaan dari ancaman modernisasi global.

Juru tulis Wasuemba, YM Ilyas menyampaikan keyakinannya setelah menghadiri acara Silaturahmi Dinasti Nusantara Sulawesi Tenggara di Desa Wasuemba, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Sabtu (18/11/23).

Keberpihakan Ganjar pada nilai-nilai seni budaya selama memimpin Jawa Tengah, memberikan harapan baru bagi pelestarian kekayaan budaya Indonesia yang semakin terkikis.

Ganjar Pranowo, dalam kepemimpinannya sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode, terus mendorong ASN untuk melestarikan budaya leluhur dengan mengenakan pakaian adat nasional.

Baca Juga: Anies Target Kuasai Tiga Provinsi Pilpres 2024, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud Berebut Pemilih Muda

"Dia pintar, jujur, pokoknya mantap. Yakin 100 persen Ganjar Pranowo bisa menjaga adat seni budaya," ungkap Ilyas.

Pada masa pandemi COVID-19, Ganjar menciptakan gebrakan panggung kahanan dengan memberikan ruang virtual kepada pelaku seni di Jawa Tengah, memberikan dukungan ekonomi pada mereka yang terdampak pandemi.

Melalui Festival Adat Budaya Nusantara (FABN) II di Borobudur pada Desember 2022, Ganjar berhasil menyatukan raja-raja dan masyarakat adat se-Nusantara, memperkuat keberagaman budaya.

Visi misi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai calon presiden dan wakil presiden menunjukkan komitmen untuk memajukan budaya melalui dukungan seni budaya Indonesia agar mendunia.

"Semoga jika Pak Ganjar jadi presiden, kerajaan-kerajaan di Nusantara diperhatikan," harap Ilyas, mengingatkan pentingnya mendukung adat, pemangku adat, pelaku seni, dan budayawan.

Acara silaturahmi Dinasti Nusantara dihadiri oleh pendiri Dinasti Nusantara Sri Paduka KGPAA Mangku Alam II, Koordinator Nasional Dinasti Nusantara KPH Andi Bau Malik Barammamase Karaenta Tukajannangngang Satrio Sasmito, Sekjen Dinasti Nusantara Tengku Maliana Zufrine, dan YM Wa Ode KRAyT Endang Puspa Kirana.

Hadir juga tokoh-tokoh adat, seperti YM La Pina Parabela Wasuemba, YM Ilyas Juru Tulis Wasuemba, YM La Ode Mustafa dari Kerajaan Kuli Susu, dan YM Siti Wasuemba.

Pentingnya mendukung adat dan kebudayaan di Nusantara ditekankan dalam pertemuan ini, seiring dengan upaya Ganjar Pranowo untuk memperkuat keberagaman budaya Indonesia.

Dukungan Ganjar terhadap pelaku seni, bahkan di tengah pandemi, terbukti melalui inisiatif Panggung Kahanan yang memberikan ruang bagi mereka untuk berkarya secara virtual.

Festival Adat Budaya Nusantara (FABN) II di Borobudur menjadi momentum penting untuk menyatukan berbagai elemen masyarakat adat dan memperkokoh keberagaman budaya di Indonesia.

Ganjar Pranowo, melalui visi dan misinya sebagai calon Presiden, menegaskan komitmen untuk memajukan budaya Indonesia secara global.

"Semoga jika Pak Ganjar jadi presiden, kerajaan-kerajaan di Nusantara diperhatikan," ungkap Ilyas, mencerminkan harapan bahwa Ganjar Pranowo dapat menjadi garda terdepan dalam melindungi dan melestarikan keberagaman budaya Indonesia.

Selain itu, kehadiran tokoh-tokoh adat seperti La Ode Abdul Harlin Lakina Kondowa, Kaharno Wakil dari Kerajaan Kondowa, dan Nurdin Juru Tulis dari Kerajaan Kondowa semakin menguatkan komitmen untuk mendukung pelestarian adat dan budaya.

Pertemuan ini tidak hanya menjadi wadah silaturahmi, tetapi juga menjadi forum untuk menyuarakan harapan akan peran Ganjar Pranowo dalam menjaga keberagaman dan melestarikan kekayaan budaya Nusantara.

Baca Juga: TPN Ganjar Tepis Minta Kontribusi Suara Pilpres 2024 dari Pj Bupati Sorong

Silaturahmi Dinasti Nusantara Sulawesi Tenggara menjadi momentum penting yang menegaskan keyakinan akan peran Ganjar Pranowo dalam merawat kearifan adat dan budaya, mencegah terdegradasi akibat gelombang modernisasi yang semakin pesat.

Sebagai informasi tambahan, dukungan terhadap Ganjar sebelumnya juga dilakukan oleh Ratusan Ratusan Pemuda Generasi Milenial (Gen Z), dari Front Kebangsaan Sulawesi Tenggara secara resmi mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai calon presiden dan wakil presiden.

Minggu (5/11/2023), turut dihadiri oleh Hugua sebagai pemateri utama, didampingi anggota DPRD Sulawesi Tenggara, Nursalam Lada, Saswal Ukba, Ketua Front Kebangsaan, dan Adi Maliano bertindak sebagai moderator acara ini. Mereka merespons pertanyaan dan membacakan visi misi dari calon presiden.

Ketua Front Kebangsaan Sulawesi Tenggara, Saswal Ukba, menekankan pentingnya dukungan Sulawesi dengan membentuk tim pemenangan di 17 kabupaten/kota. Saat berbicara, Saswal mengingatkan bahwa generasi muda memiliki tanggung jawab moral untuk memilih pemimpin yang memiliki kapabilitas mengatasi permasalahan Indonesia. (B)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga