Dinilai Ganggu Lalin, Ratusan Pedagang Pasar Terong Ditertibkan

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Kamis, 03 Desember 2020
0 dilihat
Dinilai Ganggu Lalin, Ratusan Pedagang Pasar Terong Ditertibkan
Petugas PD Pasar bersama Satpol PP dan TNI Polri memberikan arahan kepada pedagang di Pasar Terong yang berjualan di badan jalan. Foto: Rezki Mas'ud/Telisik

" Jadi kami sudah tindaklanjuti. mulai dari ada pemberitahuan, lalu rapat Tripika Camat, Danramil, Bimmas dan Babinsa. Selanjutnya kita sekarang tindaki pedagang yang masih membandel. "

MAKASSAR,  TELISIK. ID - Ratusan pedagang di Pasar Terong Makassar, siang tadi diminta untuk membongkar seluruh lapak jualan mereka yang dinilai sudah mengambil badan jalan.

Penertiban pedagang ini dilakukan oleh pihak Kelurahan Tompo Balang dan Kelurahan Wajo Baru, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar.

Sebagaimana disampaikan Lurah Tompo Balang, Ahmad Abdullah mengatakan, karena banyaknya keluhan masyarakat utamanya pengguna Jalan Terong.

"Ini karena banyaknya keluhan masyarakat. Saya bilang, gampangji kalau mau ditertibkan. Tapi harus ada kesepakatan dulu. Soal aksinya adaji aparat, adaji Satpol PP, tapi kita sepakat dulu. Jangan sampai kita sudah tertibkan malah ada pembiaran," ujarnya.

Menurutnya, persoalan ini timbul karena masyarakat mengeluhkan tidak bisa mengakses jalan tersebut baik dari arah Urip Sumoharjo maupun dari arah Masjid Raya.

"Jadi kami sudah tindaklanjuti. mulai dari ada pemberitahuan, lalu rapat Tripika Camat, Danramil, Bimmas dan Babinsa. Selanjutnya kita sekarang tindaki pedagang yang masih membandel," terang Ahmad.

Baca juga: Bayi Hidrosefalus di Muna Butuh Bantuan Biaya Pengobatan

"Yang paling bandel itu penjual melon. Ada beberapa pedagang itu yang susah diatur. Cobamaki tanya semua pedagang yang ada, jawabannya pasti ituji kuncinya," lanjutnya sembari menunjuk ke arah utara, pedagang depan Kantor Pasar Terong.

Untuk diketahui, penertiban ini dilakukan guna merapikan kembali para pedagang yang sudah melewati space publik.

"Minimal ada space publik, tiga langkah dari garis tengah badan jalan," imbuhnya.

Sementara Lurah Wajo Baru, Zulfikar Zainal, mengatakan, "Sebenarnya dari duluji memang ada rencana seperti ini. Kita mau ada peneguran dan penataan pk5 di sepanjang Jalan Terong, penataan ini bertujuan agar mobilitas dan akses pembeli di Pasar Terong lancar, sehingga masyarakat dapat ke pasar dengan nyaman dan tertib," jelasnya.

Menanggapi penertiban tersebut, Dirops PD Pasar, Saharuddin Ridwan mengatakan, pihaknya hanya mem-backup.

"Posisi kami hanya mem-backup kegiatan dari Tripika Kecamatan Bontoala. Tapi kami tetap menurunkan tim penertiban dan pihak Pasar Terong untuk membantu," ujarnya.

Menurut Sahar, ini adalah langkah kesekian kalinya setelah diberikan surat teguran kepada pedagang yang melanggar untuk menata jualannya dan tidak menggunakan badan jalan.

"Ini adalah teguran yang kesekian kalinya. Sekiranya setelah ini mereka tidak mengindahkan, ya tentu akan dilakukan tindakan-tindakan sesuai aturan yang berlaku," pungkasnya. (A)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga