adplus-dvertising

Dipadati Jemaah, Sejumlah Masjid Gelar Salat Id

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 24 Mei 2020
5979 dilihat
Dipadati Jemaah, Sejumlah Masjid Gelar Salat Id
Sejumlah masyarakat melaksanakan salat berjemaah di masjid saat pandemi. Foto: Ist.

" Alhamdulillah, kita masih sempat salat id di masjid. Tapi yah, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kita langsung pulang ke rumah. "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski ada imbauan pemerintah untuk beribadah di rumah, termasuk pelaksanaan salat id, namun sejumlah masjid di Kota Kendari tetap dipadati jemaah yang melaksanakan salat Idul Fitri 1441 Hijriyah, Minggu (24/5/2020).

Berdasarkan pantauan Telisik.id, masjid yang melaksanakan salat id pagi ini tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19.

Jemaah yang hendak ke masjid diimbau menggunakan masker, berwudu dan bawa sajadah sendiri dari rumah, serta langsung meninggalkan masjid usai melaksanakan salat id, seperti yang dilakukan di Masjid Nurul Jannah Kota Kendari.


Baca juga: Warga Konsel tetap Gelar Salat Idul Fitri di Masjid

Selain itu, khatib yang bertugas di masjid yang terletak di daerah Kecamatan Kendari Barat ini juga mempersingkat khutbah Idul Fitrinya, kurang dari 10 menit.

"Alhamdulillah, kita masih sempat salat id di masjid. Tapi yah, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kita langsung pulang ke rumah," kata salah seorang jemaah Masjid Nurul Jannah, Ibu Yuli.

Selain itu, kali ini dia mengaku baru merayakan lebaran di Kota Kendari, yang sebelumnya setiap tahunnya pulang ke kampung halamannya di Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan.

"Semoga Allah cepat mengangkat wabah COVID-19 ini, sehingga kita bisa kembali beraktivitas normal dan Idul Fitri tahun depan kita bisa berkumpul dengan keluarga," harapnya.

 

Jemaah memadati madjid Al Muhajirin BTN Kendari Permai, Kelurahan Padaleu, Kecamatan Kambu. Foto: Nasir/Telisik

 

Begitu pun juga yang terjadi di Masjid Al Muhajirin yang berlokasi di BTN Kendari Permai Kecamatan Kambu.

Masjid yang juga sejak awal ramadan melaksanakan salat tarawih berjamaah ini dipadati jamaah. Terlihat sejumlah masyarakat setempat begitu khidmat mengikuti rangkaian pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 H hingga selesai.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Rani

Baca Juga