adplus-dvertising

Disdukcapil Muna Jebol SMU dan Desa

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 28 Agustus 2021
2896 dilihat
Disdukcapil Muna Jebol SMU dan Desa
Disdukcapil melakukan pelayanan dokumen kependudukan di Balai Desa Oempu. Foto: Sunaryo/Telisik

" Program Jebol yang dilakukan Disdukcapil adalah dengan turun langsung memberikan pelayan berupa perekaman KTP-el, kartu keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA) dan akta kelahiran di sekolah dan desa. "

MUNA, TELISIK.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muna terus mengoptimalkan pelayanan dokumen kependudukan.

Saat ini, instansi yang dipimpin La Ode Abdul Kadir Subaera itu fokus menjalankan program jemput bola (Jebol) terhadap pelajar SMU dan warga desa se-Bumi Sowite

Program Jebol yang dilakukan Disdukcapil adalah dengan turun langsung memberikan pelayan berupa perekaman KTP-el, kartu keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA) dan akta kelahiran di sekolah dan desa.


"Kita sementara lakukan pada sekolah dalam kota dan desa yang lokasinya jauh," kata Kadir, Kadis Dukcapil Muna, Sabtu (28/8/2021).

Dalam pelayanan di tempat, dokumen kependudukan langsung jadi. Artinya, masyarakat tidak usah repot-repot lagi untuk berurusan di kantor Dukcapil.

Baca juga: Seleksi SKD CPNS Buton Selatan Dipastikan Digelar Awal Oktober

Baca juga: Anak di Bawah 12 Tahun Sudah Diizinkan Naik Kapal Pelni, Cek Syaratnya

"Program Jebol merupakan bentuk pelayanan membahagiakan dalam rangka memberi kemudahan masyarakat di lokasi yang jauh," terangnya.

Untuk capaian perekaman KTP-el hingga medio Agustus ini telah mencapai 96,70 persen. Ia optimis target nasional 99,2 persen akan tercapai hingga akhir tahun mendatang. Begitu juga dengan akta kelahiran di bawah usia 18 tahun capaiannya baru sekitar 83,5 persen dari target 95 persen. Sedangkan, KIA telah melampaui target nasional 35,5 persen.

"Untuk KIA dari target nasional 30 persen, hingga akhir tahun bisa dicapai 40 persen," ujarnya.

Sementara itu, Pj Kapela Desa (Kades) Oempu, Kecamatan Tongkuno, Hayari Imbu, menyambut baik langkah yang dilakukan Disdukcapil. Melalui program Jebol, sangat membantu masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan.

"Masyarakat sangat antusias, karena tidak repot-repot lagi berurusan di dinas yang jaraknya sangat jauh. Kita berharap, program Jebol di Oempu bisa diagendakan ulang," pintanya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga