Diserang Putri Gus Dur, PKB Jawa Timur Bela Cak Imin

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 23 Juni 2022
0 dilihat
Diserang Putri Gus Dur, PKB Jawa Timur Bela Cak Imin
Sekretaris PKB Jawa Timur Anik Maslachah tanggapi serangan Yenny Wahid terhadap PKB Pimpinan Muhaimin Iskandar. Foto: Yudhie/Telisik

" DPW PKB Jawa Timur pasang badan untuk Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin atas sindiran putri mantan Presiden Indonesia Gus Dur "

SURABAYA, TELISIK.ID - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur pasang badan untuk Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin atas sindiran putri mantan Presiden Indonesia Gus Dur, Yenny Wahid di media sosial.

Sekretaris PKB Jawa Timur, Anik Maslachah mengatakan partainya tetap berkhidmat untuk NU. Menurut politisi asal Sidoarjo ini, hal itu sejalan dengan prinsip yang diajarkan oleh mendiang Gus Dur serta Gus Muhaimin pada kader PKB.

"Yaitu, wajib hukumnya seluruh kader PKB berkhidmat pada NU. Menjaga dan mempertahankan NKRI, itulah yang menjadi landasan kami berjuang, baik kader yang berada di legislatif maupun eksekutif," katanya, Kamis (23/6/2022).

Lantaran hal itu, lanjut Anik, pihaknya menampik jika PKB saat ini dinilai berseberangan dengan NU. Apalagi, PKB dilahirkan dari kalangan NU.

"Dan itu diputuskan di forum muktamar ke-30 di Lirboyo hingga saat ini pun belum dicabut. Bahwa saluran aspirasi politik warga NU adalah PKB," ucap Anik.

Wakil Ketua DPRD Jatim itu memberi contoh bagaimana upaya yang dilakukan partainya dalam mengawal berbagai kebijakan yang di antaranya menyasar kalangan Nahdliyin, misalnya inisiasi lahirnya UU Pesantren dan insentif Madrasah Diniyah.

Baca Juga: Panas, Putri Gus Dur dan Ketum PKB Cak Imin Saling Serang

Kemudian, pengawalan akses program hibah baik untuk madrasah, rumah sakit NU hingga berbagai pelatihan penguatan SDM dan pemberdayaan di Jawa Timur.

Sebelumnya, saling serang antara Ketum PKB Cak Imin dan Yenny Wahid saling sindir di medsos Twitter.

Saling serang dua tokoh NU tersebut bermula ketika Yenny Wahid menyebut dirinya bukanlah bagian dari PKB di bawah Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Tapi bagian dari PKB asuhan Gus Dur.

Sindiran tersebut sampaikan setelah Yenny hadir menjadi pembicara di Kampus IPDN, Jatinangor, Kamis (23/6/2022).

“Saya enggak tahu karena udah bukan bagian PKB saat ini. Saya PKB Gus Dur, bukan PKB Cak Imin,” ujar Yenny pada wartawan.

Baca Juga: PDIP Tutup Peluang Koalisi dengan PKS dan Demokrat

“Kalau surveinya enggak terlalu ngangkat, enggak usah terlalu ngotot,” ucap Yenny.

Pernyataan Yenny Wahid tersebut, langsung dibalas oleh Cak Imin dalam cuitannya di Twitter.,"Yeni itu bukan PKB, bikin partai sendiri aja gagal lolos," cuit Muhaimin.

Cak Imin juga katakan, bahwa putri KH Abdurrahman Wahid ini beberapa kali dalam pemilu menyerang PKB, namun tidak memberikan dampak buruk bagi PKB. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga