Diverfak KPU, PKN Sulawesi Tenggara Yakin Lolos Pemilu 2024

Deni Djohan, telisik indonesia
Minggu, 16 Oktober 2022
0 dilihat
Diverfak KPU, PKN Sulawesi Tenggara Yakin Lolos Pemilu 2024
Suasana Verfak KPU Sulawesi Tenggara di sekretariat PKN Sulawesi Tenggara. Foto: Ist

" Setelah dinyatakan lolos verifikasi administrasi sebagai calon peserta pemilu oleh KPU, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) mulai melengkapi seluruh persyaratan guna menghadapi verifikasi faktual (verfak) "

BAUBAU, TELISIK.ID - Setelah dinyatakan lolos verifikasi administrasi sebagai calon peserta pemilu oleh KPU, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) mulai melengkapi seluruh persyaratan guna menghadapi verifikasi faktual (verfak).

Seluruh pengurus tingkat wilayah dan daerah mulai melengkapi persyaratan yang tertuang dalam peraturan KPU, tak terkecuali pengurus Pimpinan Daerah (Pimda) Sulawesi Tenggara.

Ketua Pimda PKN Sulawesi Tenggara, Samsu Umar Abdul Samiun, melalui wakil ketuanya, Saleh Ganiru mengatakan, pasca rapat kerja nasional di Jakarta beberapa waktu lalu, ketua umum PKN, Gede Pasek Suardika telah menegaskan ke seluruh pengurus Pimca dan Pimda, agar mempersiapkan diri semaksimal mungkin dalam menghadapi tahapan verfak KPU.

Baca Juga: SKI Ada di Gerindra, Andi Ady Aksar: Semua Punya Peluang

"Tidak hanya itu, khusus Sulawesi Tenggara, penegasan ini kemudian ditindaklanjuti dengan rapat pemantapan kepengurusan," beber legislator 4 periode itu, Minggu (16/10/2022).

Kata dia, berdasarkan informasi yang diterima, hingga pukul 13:00 Wita tadi, sekitar 70% pengurus PKN tengah menjalani proses verfak oleh KPU. Alhasil, proses tersebut berjalan sesuai rencana.

"Melihat kinerja kepengurusan saat ini, besar kemungkinan PKN akan lolos menjadi partai peserta pemilu," bebernya.

Mewakili Umar Samiun, dirinya mengimbau kepada seluruh pengurus Pimda untuk merapikan lagi infrastruktur partai, sampai ke tingkat desa dan kelurahan untuk menghadapi tahapan pendaftaran caleg.

"Benar bahwa gresud PKN ini adalah partai baru. Namun saya ingin mensugesti teman-teman di seluruh jajaran, ini baru partai," tegasnya.

Saat ini, KPU tengah melaksanakan tahapan verfak di seluruh wilayah dan daerah hingga 4 November ke depan, tak terkecuali Buton Selatan.

Komisioner KPU Buton Selatan, Aldo Oba mengatakan, untuk mengefisiensikan waktu, dalam pelaksanaan verfak, KPU membagi tim.

Dari waktu yang ada, ia bersama Baharuddin Lapuka telah memverifikasi tiga partai calon peserta pemilu. Ketiga partai tersebut yakni, PBB, Gelora dan PKN.

Baca Juga: Jaringan Relawan Nasional Haluoleo Deklarasi Dukung Anies Capres 2024

"Untuk sementara PKN sudah sesuai dengan ketentuan. Saat berada di sekretariat tadi, pengurusnya hadir semua. Persyaratan sekretariat lengkap semua," beber Aldo.

Kata dia, selain kelengkapan sekretariat, tahapan kali ini yakni verifikasi faktual kepengurusan meliputi, ketua, sekretaris dan bendahara (KSB). Setelah verfak KSB selesai, kemudian dilanjutkan dengan verfak keanggotaan.

"Alhamdulilah, ketiga partai tadi sudah sesuai dengan ketentuan. Hanya ketua PBB tadi masih di Jakarta," tuturnya. (B)

Reporter: Deni Djohan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga