DLHK Siapkan Petugas Rawat Taman Samping Eks MTQ Kota Kendari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 29 Januari 2021
0 dilihat
DLHK Siapkan Petugas Rawat Taman Samping Eks MTQ Kota Kendari
Taman samping Eks MTQ Kota Kendari. Foto: Ist.

" Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama mengatakan, taman yang ada di Eks MTQ ini merupakan salah satu taman kategori aktif yang ada di wilayah Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), telah berkomitmen untuk menjaga dan merawat ruang terbuka hijau (RTH).

Hal tersebut ditunjukkan dengan mengerahkan sejumlah petugas yang khusus merawat dan menjaga RTH yang ada di Kota Kendari, salah satunya di taman samping Eks MTQ.

Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama mengatakan, taman yang ada di Eks MTQ ini merupakan salah satu taman kategori aktif yang ada di wilayah Kota Kendari.

Dimana, kata dia, dikategorikan sebagai taman aktif karena taman ini menjadi tempat yang selalu dikunjungi oleh warga masyarakat, sehingga membutuhkan perawatan setiap hari.

“Taman samping Eks MTQ juga taman aktif, jadi diperlakukan penanganan khusus. Namun karena lokasinya cukup kecil, jadi petugasnya hanya satu,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Hanya saja, kata dia, untuk saat ini pihaknya belum bisa melakukan perawatan secara menyeluruh terhadap taman-taman yang ada di sekitaran Eks MTQ.

Pasalnya, tambah dia, Eks MTQ masih menjadi kewenangan provinsi. Namun, ketika telah diserahkan ke Dinas Pariwisata, maka pihaknya bisa berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata untuk penataan taman di Eks MTQ ini.

Baca Juga: Wali Kota Sebut Selama PPKM di Kendari COVID-19 Melandai

Baca Juga: PPKM Level 3 di Kendari dan 14 Kabupaten Kota di Sultra Diperpanjang hingga 9 Agustus

“Informasi baru di Eks MTQ itu akan diserahkan ke Pariwisata. Nah, kalau itu sudah diserahkan, maka kami koordinasikan ke Pariwisata,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kota Kendari, Abu Fatih mengaku, taman-taman tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung saat datang di sekitaran Eks MTQ.

“Bagus taman-taman ini terus dirawat, karena ini juga menjadi daya tarik tersendiri kami sebagai pengunjung untuk nongkrong di Eks MTQ ini. Sering kami santai-santai menikmati sore atau malam hari di sekitaran taman Eks MTQ,” katanya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga