DPRD Buteng Tingkatkan Besaran Beasiswa Samatau Cerdas

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 12 Oktober 2020
0 dilihat
DPRD Buteng Tingkatkan Besaran Beasiswa Samatau Cerdas
Komisi III DPRD Buteng saat bersama Bupati Buteng. Foto: Ist.

" Dari sisi legislasinya kita coba membuat Perda melalui komisi terkait pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di Buteng. "

KENDARI, TELISIK.ID – DPRD Kabupaten Buton Tengah (Buteng) terus meningkatkan besaran beasiswa Samatau Cerdas.

Ketua Komisi III DPRD Buteng, Tasman S.E, menuturkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) setiap tahunnya DPRD terus meningkatkan besaran beasiswa samatau Cerdas.

“Setiap pembahasan anggaran DPRD Buteng selalu memastikan anggaran pendidikan tidak kurang 20 persen sebagaimana amanat Undang-undang,” ungkapnya.

Tasman juga menjelaskan, fungsi DPRD pada peningkatan kualitas SDM untuk selalu mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) agar lebih memberi perhatian serius dan khusus pada pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di Buteng.

 

Komisi III DPRD Buteng saat penyerahan piagam. Foto: Ist.

 

“Misalnya dengan pelaksanaan pendidikan karakter pada penyelenggaraan pendidikan di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pendidikan dasar,” tambahnya.

Lebih lanjut, tambah Tasman, untuk itu DPRD sebagai fungsi legislasi akan coba membuat Peraturan Daerah (Perda) melalui komisi terkait tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di Buton Tengah.

“Dari sisi legislasinya kita coba membuat Perda melalui komisi terkait pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di Buteng,” katanya.

 

Ketua Komisi III DPRD Buteng, Tasman saat kunjugan kerja di Makassar. Foto: Ist.

 

Selain itu, kata Tasman, Komisi III dan Pemerintah Daerah harus konsisten dan serius memberi perhatian pada pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan di Buteng, sehingga bisa menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing dengan daerah-daerah lainnya.

“Kita harus memberi perhatian pada pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan di Buteng, sehingga kita bisa menghasilkan SDM yang berdaya saing,” tuturnya

Sebelumnya, Pemda Buteng telah meluncurkan program beasiswa Samatau Cerdas di tahun 2019 bagi putra-putri daerah yang berprestasi namun kurang mampu. Program itu juga salah satu cara mendapatkan pendidikan yang layak bagi seluruh masyarakat daerah Buteng.

 

Komisi III DPRD Buteng saat melakukan kunjungan kerja dalam menjalankan tugasnya sebagai legislatif. Foto: Ist.

 

Kepala Dinas Pendidikan Buteng, Abdullah, di tahun 2019 menjelaskan keberadaan beasiswa Samatau Cerdas harus dimanfaatkan dengan bijaksana dan sebaik-baiknya. Mulai dari kesiapan peraturan bupati hingga siapa saja yang memenuhi syarat mendapatkan beasiswa tersebut.

Pada tahun 2020 ini juga Abdullah berjanji akan menambah jumlah anggaran program tersebut hingga satu miliar agar semakin banyak masyarakat daerah kabupaten Buteng yang berkesempatan mendapatkan pendidikan yang layak. (Adv)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga