Drainase Tak Berfungsi, Ratusan Rumah Warga di Kendari Terendam Akibat Hujan

Thamrin Dalby, telisik indonesia
Rabu, 09 Februari 2022
0 dilihat
Drainase Tak Berfungsi, Ratusan Rumah Warga di Kendari Terendam Akibat Hujan
Nampak seorang warga sedang mengeluarkan air hujan yang masuk ke dalam rumahnya. Foto: Thamrin Dalby/Telisik

" Salah satu drainase sudah tidak berfungsi akibat telah lama tertutup oleh pembangunan warga "

KENDARI, TELISIK.ID - Akibat curah hujan yang tinggi dan disertai angin kencang di Kota Kendari, Rabu (9/2/2022), membuat ratusan rumah warga di Kelurahan Watu-Watu dan Kelurahan Tipulu Kecamatan Kendari Barat, terendam akibat banjir.

Meski hujan turun terbilang tidak lama, namun membuat rumah warga di dua kelurahan itu tergenang air hingga mencapai ketinggian 50 cm.

Hal ini disebabkan beberapa selokan dan drainase tertimbun sampah, selain itu di pinggir poros jalan Bypass, salah satu drainase sudah tidak berfungsi akibat telah lama tertutup oleh pembangunan warga.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu ketua Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Watu-Watu, Amir Samsuddin, jika setiap hujan turun dan walau hanya sebentar, selalu terjadi banjir, hal ini disebabkan tidak lancarnya aliran air dan salah satu drainase di poros jalan Bypass.

Baca Juga: TP-PKK Sultra Lakukan Audiensi ke BNNP Sultra

"Sudah sering terjadi banjir Pak walau hujan hanya sebentar, karena aliran air tersumbat, terutama di drainase poros jalan Bypass Ir H Alala," ungkapnya.

Selain itu, ia juga berharap pada Pemerintah Kota Kendari, agar dapat membuka kembali drainase yang sudah lama tertutup itu.

Baca Juga: KemenkumHam Sultra Hadirkan Konsultasi Pelayanan Publik di HPN 2022

"Semoga cepat dibuka," harapnya.

Selain hujan deras sore tadi, terjadi juga air pasang di laut yang membuat air hujan tidak dapat mengalir ke laut dengan cepat.

Hingga saat ini, warga masih berusaha mengeluarkan air yang merendam rumah mereka. (A)

Reporter: Thamrin Dalby

Editor: Kardin

Baca Juga