Dua Bacakades Tak Ikut Seleksi Ulang

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 08 November 2022
0 dilihat
Dua Bacakades Tak Ikut Seleksi Ulang
Bacakades Bangunsari, Muhammad Nurhajat saat akan keluar dari ruangan seleksi. Foto: Sunaryo/Telisik

" Dua bakal calon kepala desa (bacakades) di Kabupaten Muna, tidak mengikuti seleksi ulang yang diselenggarakan Desk Pilkades, Selasa (8/11/2022) "

MUNA, TELISIK.ID - Dua bakal calon kepala desa (bacakades) di Kabupaten Muna dari Desa Bangunsari, Kecamatan Lasalepa, Muhamad Nurhajat dan Desa Lagasa, Kecamatan Duruka, La Zahaba, tidak mengikuti seleksi ulang yang diselenggarakan Desk Pilkades, Selasa (8/11/2022).

Nurhajat memilih tidak mengikuti seleksi tambahan berupa tertulis, karena sarannya pada panitia tidak disahuti. Dimana, dia menyarankan kepada panitia agar sebelum membagikan soal jawaban terlebih dahulu memperlihatkan soal kepada peserta agar tidak menimbulkan dugaan bahwa soal tersebut ada yang sudah dijawab.

Kemudian, kedua agar lembar jawaban diperiksa setelah semua selesai dalam ruangan.

"Tujuannya diperiksa dalam ruangan yang sama agar tidak menimbulkan dugaan adanya rekayasa nilai," katanya.

Baca Juga: Stunting Muna Barat Capai 364 Kasus, TP PKK Bersama Pemkab Target Turunkan Angka

Beda halnya dengan Bacakades Lagasa, La Zahaba yang tidak hadir pada seleksi ulang. Padahal panitia sudah memberi tambahan waktu satu jam, namun tidak ada konfirmasi.

Tim seleksi tertulis dari Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, La Ode Ristele tidak mempersoalkan ada salah satu bacakades yang tidak mau mengikuti seleksi.

Baca Juga: 12 Usulan Raperda Buton Tengah Segera Ditetapkan, 3 Antaranya Soal Adat Budaya

"Silakan keluar kalau tidak mau ikut, nanti dibuatkan berita acaranya," kata Ristele.

Sementara itu, La Umara Hadi, anggota Desk Pilkades menerangkan, mau tidaknya bacakades mengikuti seleksi ulang tergantung mereka sendiri.

"Kami di Desk Pilkades, hanya menjalankan putusan majelis penyelesaian sengketa untuk melaksanakan seleksi ulang tertulis pada Bacakades Desa Lagasa, Bangunsari dan Mataindaha," pungkasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga