Dua Perwira Polisi Dilapor ke Propam Diduga Tidak Profesional Tangani Perkara

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Jumat, 10 Februari 2023
0 dilihat
Dua Perwira Polisi Dilapor ke Propam Diduga Tidak Profesional Tangani Perkara
Tim kuasa hukum Bripka RES dan MF usai membuat laporan di Propam Polda Sumatera Utara Jalan Sisingamangaraja KM 10,5 Medan. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Pelaksana harian (Plh) Kepala Satuan Reserse Kriminal Kasatreskrim Polres Tebingtinggi, AKP Walkin Silitonga dan Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), Iptu Lidya Strk dilaporkan ke Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sumatera Utara, Jumat (10/2/2023) petang "

MEDAN, TELISIK.ID - Pelaksana harian (Plh) Kepala Satuan Reserse Kriminal Kasatreskrim Polres Tebingtinggi, AKP Walkin Silitonga dan Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), Iptu Lidya Strk dilaporkan ke Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sumatera Utara, Jumat (10/2/2023) petang.

Keduanya dilaporkan karena diduga tidak profesional dalam menangani perkara dugaan perzinahan yang menimpa oknum polisi yang bertugas di Polres Tebingtinggi berinisial RES dan rekannya MF. Dugaan perzinahan itu tidak pernah ada.

"Polres Tebingtinggi atau pihak yang kami laporkan ke Propam Polda Sumatera Utara karena kami menilai ada keberpihakan terhadap kasus ini," kata ketua tim kuasa hukum, Eka Putra Zakran.

Baca Juga: Presiden Jokowi Diwacanakan Hadir di HPN Medan, TNI/Polri Pastikan Aman

Setelah itu, mereka juga menyebut Polres Tebingtinggi diduga tidak transparan terhadap pihak terlapor. Bahkan rekontruksi juga diklaim tidak diberikan undangan.

"Kami minta beritahu setiap ada kegiatan terkait dengan penanganan perkara ini. Tapi tidak diberitahu, lalu rekonstruksi pihak terlapor tidak dipanggil, harusnya pihak terlapor dipanggil. Seharusnya penyidik itu tidak berpihak kepada pelapor saja, namun harus adil," tuturnya.

Adanya laporan itu, mereka berharap pihak Propam Polda Sumatera Utara memanggil dan memeriksa kedua perwira polisi itu.

"Penyidik kami nilai tidak profesional dalam menangani perkara ini. Sejak awal kami lihat penangan kasus ini penuh kejanggalan," ungkapnya.

Tempat sama, MF sosok yang melaporkan kedua perwira polisi itu mengaku kecewa dengan penanganan kasus itu.

Baca Juga: DPRD Dituding Bungkam Soal Pembelian Lahan Medan Club, KPK Diminta Periksa Gubernur Sumatera Utara

"Sejak awal kasus ini memang berjalan tidak normal. Kami tidak pernah melakukan perzinahan seperti yang dituduhkan saat ini. Kami meminta agar penyidik memberikan keadilan kepada kami," terangnya.

Terpisah, Kepala Subbidang Penmas Bidang Humas Polda Sumatera Utara, AKBP Herwansyah Putra ketika dikonfirmasi mengenai adanya laporan itu mengaku akan menindaklanjutinya.

"Saya belum mengetahui adanya laporan itu. Akan tetapi, jika memang laporan itu sudah diterima. Pastinya akan ditindaklanjuti oleh tim Propam Polda Sumatera Utara," terangnya. (A)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga