Dua Ruas Jalan di Lohia Segera Teraspal, Progres Poros Lorong Tikus-Ghonebalano 35 Persen

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 10 Oktober 2024
0 dilihat
Dua Ruas Jalan di Lohia Segera Teraspal, Progres Poros Lorong Tikus-Ghonebalano 35 Persen
Kondisi poros jalan Waara-Mantobua yang segera diaspal. Foto: Ist.

" Sebelum cuti mengikuti kampanye pilkada, ternyata diam-diam Bachrun telah mengalokasikan dana untuk peningkatan jalan di Kecamatan Lohia "

MUNA, TELISIK.ID - Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta memberikan perhatian serius terhadap infrastruktur jalan. Sebelum cuti mengikuti kampanye pilkada, ternyata diam-diam Bachrun telah mengalokasikan dana untuk peningkatan jalan di Kecamatan Lohia.

Kepala Dinas PUPR Muna, Mustajab membenarkan itu. Katanya, tahun ini ada dua ruas jalan di Kecamatan Lohia yang akan dihitamkan.

Adalah ruas jalan Waara-Mantobua dan Mantobua-Loghia. Total anggarannya sebesar Rp 4,9 miliar. Rinciannya, Rp 3,9 miliar poros Waara-Mantobua dan Rp 1 miliar poros Mantobua-Loghia.

"Sumber anggarannya dari APBD. InsyaAllah dalam waktu dekat sudah action," kata Mustajab, Kamis (10/10/2024).

Baca Juga: Bachrun Labuta Pastikan Jalan dan Listrik di Towea Segera Terealisasi

Secara teknis, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Muna, Adi Mulya menerangkan, untuk poros Waara-Mantobua, telah berkontrak. Sedangkan, poros Mantobua-Loghia dalam proses tender.

"Untuk poros Waara-Mantobua, kita sudah perintahkan kontraktornya agar mulai melakukan clearing (pembersihan)," terangnya.

Baca Juga: Rajiun - Purnama Prioritas Perbaikan Jalan di Kawite-wite Muna

Selain, dua ruas jalan di Kecamatan Lohia, tahun ini juga poros Muhamad Yamin (Lorong Tikus-Ghonebalano) dan Lagasa, Kecamatan Duruka telah dikerjakan. Anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 5,6 miliar.

"Progresnya sudah mencapai 35 persen, tinggal dilakukan pengaspalan saja," tukasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga