Dua Santri Dikarantina di Hotel Zahra Positif COVID-19

Sumarlin, telisik indonesia
Minggu, 17 Mei 2020
0 dilihat
Dua Santri Dikarantina di Hotel Zahra Positif COVID-19
Satgas COVID-19 Kota Kendari menjemput puluhan santri yang baru pulang mondok dari salah satu pesantren di Ponorogo, Jawa Timur. Foto: Sumarlin/Telisik

" 56 orang. Ternyata ada dua yang positif, yang positif inilah yang sekarang kami tangani di rumah sakit. Kemudian yang teman sekamarnya kita belum izinkan pulang karena ini kontak erat, sehingga kita minta tinggal beberapa hari lagi untuk kita lakukan tes ulang kalau negatif kita perbolehkan pulang. "

KENDARI, TELISIK.ID - Satgas COVID-19 Kota Kendari, merawat dua santri yang sebelumnya di Karantina di Hotel Zahra setelah dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil uji swab yang dilakukan Balitbangkes Makassar.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, ke dua santri itu berasal dari Kota Kendari dan Muna Barat dan telah diisolasi di RSUD Kota Kendari.

Sedangkan beberapa santri masih akan dilakukan swab ulang, karena sekamar dengan santri yang dinyatakan positif.

“56 orang. Ternyata ada dua yang positif, yang positif inilah yang sekarang kami tangani di rumah sakit. Kemudian yang teman sekamarnya kita belum izinkan pulang karena ini kontak erat, sehingga kita minta tinggal beberapa hari lagi untuk kita lakukan tes ulang kalau negatif kita perbolehkan pulang,” jelasnya, Minggu (17/5/2020).

Baca juga: Sembuh, Tiga Pasien COVID-19 Diserahkan ke Keluarga

Wali Kota menambahkan, saat ini ke dua santri itu dalam kondisi baik dan telah dirawat di RSUD Kota Kendari termasuk diberikan penguatan mental.

Sementara santri lainnya yang telah dinyatakan negatif dan tidak ada kontak erat dengan dua santri positif sudah diperbolehkan pulang. Bahkan santri yang berasal dari Konawe Utara dan Konawe Selatan diserahkan langsung pada bupatinya masing-masing sedangkan santri dari Kabupaten Kolaka dijemput oleh Sekdanya.

Meskipun dibolehkan pulang, namun lanjut wali kota para orang tua diminta untuk mengawasi anaknya agar tetap berada di rumah, kemudian disarankan untuk memberikan suplay makanan bergizi dan vitamin untuk menjaga kesehatan mereka.

Baca juga: Cerita Anak Kos Jalani Ramadan di Tengah Wabah COVID-19

Sebelumnya, Pemerintah Kota Kendari melakukan karantina pada 56 santri yang baru pulang dari mondok disalah satu pesantren di Ponorogo Jawa Timur. Hari pertama mereka diinapkan di Rusunawa Bungkutoko, namun atas permintaan orang tua akhirnya mereka dipindahkan di Hotel Zahra.

56 santri yang dikarantina itu terdiri dari, 22 santri asal Kota Kendari, enam santri asal Kolaka, 17 santri asal Konawe Selatan, empat santri asal Konawe Utara, satu santri asal Wakatobi, empat santri asal Konawe, satu santri asal Muna Barat dan satu santri asal Muna.

 

Sumarlin

Baca Juga