Dugaan Pungli pada Petugas Pantarlih di Labuhanbatu Dibawa ke Kejaksaan

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Selasa, 04 April 2023
0 dilihat
Dugaan Pungli pada Petugas Pantarlih di Labuhanbatu Dibawa ke Kejaksaan
Massa ketika berdemonstrasi di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara terkait dugaan pungli kepada Pantarlih di Kabupaten Labuhanbatu. Foto: Reza Fahlefy Telisik/Telisik

" Mahasiswa dan masyarakat yang tergabung di jaringan akar rumput Indonesia (Jari) berdemonstrasi di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Jalan AH Nasution, Medan "

MEDAN, TELISIK.ID - Mahasiswa dan masyarakat yang tergabung di jaringan akar rumput Indonesia (Jari) berdemonstrasi di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Jalan AH Nasution, Medan, Selasa (4/4/2023).

Massa dalam orasinya meminta agar pihak kejaksaan turun tangan untuk menyelidiki dugaan pungutan liar (pungli) yang menimpa petugas panitia pemutakhiran data pemilih (pantarlih) di daerah Labuhanbatu, Sumatera Utara sebesar Rp 50 ribu per orang.

"Pungutan liar itu diduga dilakukan oleh oknum petugas sekretariat Panitia Pemungut Suara (PPS) di Kabupaten Labuhanbatu. Kami menduga pungli itu atas adanya perintah Komisioner KPU daerah setempat," kata Koordinator demo, Herry Yurianda.

Baca Juga: Kadis Ketahanan Pangan dan Holtikultura Rajali Diduga Pungli Disoal

Dugaan pungli itu terjadi secara struktur dan masif dari oknum PPS, PPK sampai ke KPU Labuhanbatu.

"Pemotongan gaji atau honor Pantarlih itu sebesar Rp 50 ribu dengan dalih uang scan dan berbagai modus lainnya," tambahnya.

Selain itu, massa juga sudah melakukan investigasi bahwa petugas atau penyelenggara melakukan scan fotocopy sejumlah dokumen diduga di tempat usaha milik salah satu komisioner KPU Labuhanbatu berinisial RGR yang berlokasi di Rantau Prapat.

Atas dugaan pungli yang dilakukan oleh oknum di PPS, PPK maupun KPU Labuhanbatu terhadap petugas Pantarlih. Massa meminta pihak kejaksaan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh Komisioner KPU daerah setempat.

"Kami minta Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara mengusut tuntas kasus ini, dugaan kami kuat bahwa ratusan petugas Pantarlih telah menjadi korban dugaan pungli itu. Periksa semua komisioner KPU Labuhanbatu, PPK maupun PPS. Mereka berdalih uang scan dan uang terima kasih," terangnya.

Baca Juga: Sekretariat PPS di Labuhanbatu Diduga Pungli Honor Petugas Pantarlih

Setelah melakukan orasi, massa diterima oleh M Situmorang perwakilan dari Penerangan Hukum (Penkum) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Mereka akan menindaklanjuti aspirasi dari pendemo.

"Terima kasih kepada teman-teman, masyarakat yang melakukan aksi unjuk rasa dengan damai. Aspirasi ini akan kami sampaikan kepada pimpinan kami. Kami minta kepada teman teman untuk bersabar ya," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga