Efek Samping Kebanyakan Tidur, Obesitas hingga Kematian

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 24 September 2023
0 dilihat
Efek Samping Kebanyakan Tidur, Obesitas hingga Kematian
Tidur yang terlalu pendek atau terlalu panjang ternyata terkait langsung dengan gangguan jantung. Foto: Kompas.com

" Tidur memiliki manfaat penting untuk menjaga kesehatan. Mengutip Amerisleep, diketahui tidur adalah waktu ketika tubuh memperbaiki dan memulihkan diri "

KENDARI, TELISIK.ID - Tidur memiliki manfaat penting untuk menjaga kesehatan. Mengutip Amerisleep, diketahui tidur adalah waktu ketika tubuh memperbaiki dan memulihkan diri.

Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam. Jika kebanyakan tidur juga tidak baik, pada dasarnya manusia memiliki kebutuhan tidur yang berbeda tergantung usia. Lalu, apa saja efek samping kebanyakan tidur?

Berikut efek samping kebanyakan tidur dikutip dari Kompascom dan Halodoc.com:

1. Diabetes

Seseorang yang sering mengalami kebanyakan tidur dapat berisiko lebih besar mengalami penyakit diabetes. Untuk itu, pastikan kamu menjalankan pola tidur yang baik setiap harinya.

Baca Juga: Sering Anyang-Anyangan Usai Berhubungan Seks? Ini Cara Mencegahnya

2. Obesitas

Tidur berlebihan dapat meningkatkan risiko mengalami obesitas. Terlalu banyak tidur membuat kamu menjadi lebih sedikit melakukan aktivitas fisik atau olahraga.

3. Stroke

Sebuah studi terbaru dari para peneliti Universitas Cambridge mengamati data dari sekitar 9.700 orang Eropa selama periode 11 tahun.

Mereka yang tidur lebih dari 8 jam memiliki kemungkinan 46 persen lebih besar terkena stroke selama masa penelitian setelah disesuaikan dengan faktor komorbiditas.

Mereka yang durasi tidurnya meningkat selama penelitian memiliki risiko stroke 4 kali lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur secukupnya. Hal ini menunjukkan bahwa tidur yang lebih lama bisa menjadi gejala penting atau tanda peringatan risiko stroke.

4. Jantung

Menggunakan informasi dari National Health and Nutrition Examination Survey (NAHNES), para peneliti menghubungkan tidur pendek dan panjang dengan risiko penyakit jantung koroner dan stroke yang lebih tinggi.

Baca Juga: Coba Posisi Seks Anggrek Mekar Bikin Seks Bergairah, Begini Praktiknya

Studi tersebut menemukan bahwa orang yang tidur lebih dari delapan jam per malam memiliki kemungkinan 2 kali lebih besar terkena penyakit ini angina, nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah).

5. Kematian

Efek samping kebanyakan tidur juga termasuk meningkatkan risiko kematian seseorang secara umum. Mungkin itu juga sebagai akibat dari semua efek samping kesehatan, seperti obesitas, penyakit jantung, dan stroke. Dengan demikian, kebanyakan tidur sama buruknya dengan kurang tidur.

Dampak yang paling berbahaya dari kelebihan tidur adalah kematian. Tidur yang terlalu pendek atau terlalu panjang ternyata terkait langsung dengan gangguan jantung. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga