El Nino Ancam Kota Baubau, Waspada Musim Kemarau

Elfinasari, telisik indonesia
Sabtu, 02 September 2023
0 dilihat
El Nino Ancam Kota Baubau, Waspada Musim Kemarau
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse memberikan peringatan dini kepada masyarakat mengenai dampak El Nino. Foto: Elfinasari/Telisik

" Kota Baubau berada dalam ancaman fenomena iklim El Nino, diperkirakan akan memperpanjang musim kemarau mulai Agustus hingga Februari 2024 "

BAUBAU, TELISIK.ID - Kota Baubau berada dalam ancaman fenomena iklim El Nino, diperkirakan akan memperpanjang musim kemarau mulai Agustus hingga Februari 2024.

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, mengatakan, El Nino akan menyebabkan musim kemarau yang lebih kering dari biasanya serta penurunan curah hujan.

"Kita diharapkan akan melihat fenomena ini melemah pada Februari 2024," tuturnya, Sabtu (2/9/2023).

Baca Juga: Upaya Wujudkan Pemilu Damai di Kota Baubau Melalui Lintas Agama

Ia juga telah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat Kota Baubau. Informasi tersebut telah disebarkan melalui berbagai media sosial untuk meningkatkan kewaspadaan.

Isi himbauan berdasarkan surat dari Kepala Stasiun Metereologi kelas III Betoambari Baubau menyampaikan, Kota Baubau dan sekitarnya memasuki musim kemarau dari Agustus hingga September 2023 diperparah dengan adanya fenomena El Nino, yang menyebabkan kondisi lebih kering dan curah hujan rendah.

Puncak El Nino terjadi di bulan tersebut akan melemah pada Februari 2024. Wilayah Indonesia bagian timur, termasuk Baubau, berisiko menghadapi angin kencang dan gelombang tinggi.

Baca Juga: Doa dan Zikir Akbar Atas Sederet Prestasi Nasional Wanita Islam Kota Baubau

Kepala BPDB Baubau, La Ode Muslimin Hibali, menekankan pentingnya kesigapan informasi.

"Kita sudah siapkan koordinasi dengan pak Kapolres dan pak Dandim. Namun, jika tidak siap, kita akan memanfaatkan rekaman suara Ibu Sekda sebagai Kepala BPBD di daerah," ungkapnya.

Masyarakat Baubau dihimbau untuk selalu memantau informasi dari sumber terpercaya seperti Badan Klimatologi dan Geofisika serta BPBD Baubau dan berhati-hati dalam beraktivitas selama periode ini. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga