Elektabilitas Anies Meningkat, Pengamat: Tambah Kepercayaan Pemilih

La Ode Muhamad Alwi, telisik indonesia
Kamis, 02 Februari 2023
0 dilihat
Elektabilitas Anies Meningkat, Pengamat: Tambah Kepercayaan Pemilih
Anies Rasyid Baswedan yang merupakan sosok mantan Gubernur DKI Jakarta diusung 3 partai untuk maju calon presiden pada Pemilu 2024. Foto: Instagram @aniesbaswedan

" Sosok Anies Rasyid Baswedan yang digadang-gadang maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 mendatang terus menjdi buah bibir "

KENDARI, TELISIK.ID - Sosok Anies Rasyid Baswedan yang digadang-gadang maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 mendatang terus menjdi buah bibir.

Pasalnya Nasdem, PKS dan Demokrat mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut sebagai orang nomor 1 di Indonesia pada Pemilu 2024.

Diketahui Anies Baswedan sudah dideklarasikan oleh Nasdem pada 3 Oktober 2022. Hal itu dilakukan untuk pencalonan Anis Baswedan sebagai Presiden Indonesia. Akan tetapi Nasdem tidak bisa mencalonkan Anies Baswedan Karena presidential threshold 20 persen belum terpenuhi.

Baca Juga: Golkar Sulawesi Tenggara Segera Kirim Kasus Ketua DPRD Buton ke DPP

Untuk memenuhi persentase perolehan suara nasional tersebut, Nasdem, PKS dan Demokrat bergabung ke dalam koalisi perubahan.

Menanggapi itu, Pengamat politik Sulawesi Tenggara, Najib Husain menerangkan, wacana tersebut sudah lama, namun baru-baru ini ada ketegasan dari ketiga partai untuk melegalkan dukungan atas Anies.

"Itu tanpa syarat wakil oleh Demokrat dan PKS," ujarnya, Kamis (2/2/2023).

Lebih lanjut Najib mengatakan, hal itu akan menambah kepercayaan pemilih dan pendukung Anies. Sehingga tidak ada keraguan lagi, apakah Anies calon pasti atau hanya sekedar wacana.

Sedangkan Koordinator Presidium DPP ANIES, La Ode Basir mengatakan diusungnya Anies Baswedan oleh Nasdem, PKS dan Demokrat adalah momen yang paling ditunggu-tunggu para relawan.

Basir mengumpamakan relawan pendukung seperti penumpang yang sedang menunggu di halte bus.

“Saat ini telah cukup bus yang mengangkut kami. Bus itu bernama Nasdem, PKS dan Demokrat. Kami akan naik di bus-bus tersebut," katanya.

Ia berharap hadirnya Nasdem, PKS dan Demokrat akan membangkitkan semangat relawan untuk lebih giat mensosialisasikan Anies, serta tetap loyalitas dan totalitas untuk terus mengenalkan Anies sebagai calon presiden.

Sementara Sekretaris PKS Kota Kendari, Ade Muhammad Satelit juga mengatakan, hal itu adalah langkah awal PKS untuk mangawali pergerakan menuju pemenangan 2024.

"Itulah mengapa dibuat tagline #Anies presidennya, PKS partainya. Koalisi ini tentunya memiliki harapan besar dalam kontestasi politik 2024," tuturnya.

Baca Juga: Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Sulawesi Tenggara Dibuka, Ini Syarat dan Jadwalnya

Adanya 3 partai pengusung tersebut, Anies Baswedan diharapkan dapat mewadahi aspirasi masyarakat untuk orientasi pemerintahan yang semakin baik ke depan.

Dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id, mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi salah satu tokoh dengan elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024.

Sejumlah partai pun masuk dalam daftar antrean yang siap mengusung Anies maju capres. (A)

Penulis: La Ode Muhamad Alwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga