Emak-emak di Baubau Keluhkan Harga Beras Naik, Ini Rinciannya

Elfinasari, telisik indonesia
Rabu, 28 Februari 2024
0 dilihat
Emak-emak di Baubau Keluhkan Harga Beras Naik, Ini Rinciannya
Emak-emak di Kota Baubau keluhkan harga beras yang kian menjerit jelang bulan Ramadhan. Foto: Elfinasari/Telisik

" Emak-emak di Kota Baubau mengekspresikan keprihatinan mereka terhadap kenaikan harga beras yang terus terjadi sejak awal Februari 2024 "

BAUBAU,TELISIK.ID - Emak-emak di Kota Baubau mengekspresikan keprihatinan mereka terhadap kenaikan harga beras yang terus terjadi sejak awal Februari 2024.

Seorang pedagang beras di Pasar Karya Nugraha Kota Baubau, Hasniati, mengungkapkan, harga beras medium 5 kilogram mengalami lonjakan signifikan, naik dari Rp70 ribu menjadi Rp90 ribu, sedangkan beras premium 5 kilogram dapat mencapai Rp100 ribu, dibandingkan sebelumnya dengan Rp75 ribu hingga Rp80 ribu.

Ia menyampaikan, hal yang sama terjadi pada beras medium 10 kilogram yang awalnya dijual sekitar Rp130 ribu dan kini mencapai Rp175 ribu per 10 kilogram.

Baca Juga: Diduga Dianiaya, Jenazah Bocah Perempuan di Buton Selatan Bakal Diautopsi

Harga beras 25 kilogram premium juga mengalami kenaikan, dibanderol Rp375 ribu hingga Rp440 ribu, sedangkan sebelumnya dijual seharga Rp325 ribu. Dan untuk beras medium Rp 300 ribu per 25 kilogram.

"Bahkan beras premium 50 kilogram dijual dengan harga Rp800 ribu saat ini," tuturnya, Rabu (28/2/2024).

Meskipun tidak ada laporan tentang kelangkaan beras, kenaikan harga membuat sejumlah pemasok enggan mengambil stok karena harga yang dianggap terlalu tinggi.

Hasniati, yang memasok beras dari Sidrap, Sulawesi Selatan, mengungkapkan bahwa lonjakan harga ini merupakan tantangan baru bagi usahanya yang baru dimulai pada akhir tahun 2023.

Ia juga menjelaskan, kenaikan harga beras terjadi karena saat ini tengah memasuki musim hujan sehingga banyak petani yang mengalami gagal panen.

Baca Juga: Kronologis Tewasnya Bocah Perempuan di Dasar Jurang Buton Selatan

Seorang ibu rumah tangga, Zamniar, menyuarakan perbandingan harga beras 5 kilogram yang dulunya Rp70 ribu menjadi Rp90 ribu.

"Saya berharap agar harga beras dapat segera stabil," tuturnya, Rabu, (28/2/2024) sore.

Salah seorang pembeli beras, Lila mengungkapkan, harga beras sekarang Rp 430 ribu per 25 kilogram. Ia menyebut bahwa dua minggu lalu harganya Rp 370 ribu sangat jauh berbeda.

Ia berharap agar harga beras segera turun, terutama menyambut bulan Ramadan di mana beras menjadi kebutuhan pokok di dapurnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga