Emak-Emak di Kabupaten Kolaka Utara Mengeluh Gas Elpiji 3 Kg Langka, Harga Naik Drastis

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 13 Juli 2023
0 dilihat
Emak-Emak di Kabupaten Kolaka Utara Mengeluh Gas Elpiji 3 Kg Langka, Harga Naik Drastis
Gas epiji 3 Kg di Kabupaten Kolaka Utara langka membuat emak-emak mengeluh. Foto: Putatgede

" Hampir dua pekan ini keberadaan gas elpiji 3 Kg atau gas melon di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara terjadi kelangkaan. Akibatnya masyarakat utamanya para emak-emak mengeluhkan hal itu "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Hampir dua pekan ini keberadaan gas elpiji 3 Kg atau gas melon di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara terjadi kelangkaan. Akibatnya  masyarakat utamanya para emak-emak mengeluhkan hal itu.

Salah satu ibu rumah tangga, di Kelurahan Lapai, Kecamatan Ngapa, Ida menuturkan, sudah hampir sepekan dirinya keselutian untuk mencari gas elpiji 3 Kg. Hampir semua toko stok gas melon kosong.

"Kalau pun ada harganya mahal. Minggu lalu masih dapat Rp 26.000 sampai Rp 28.000 per tabung. Sekarang naik sampai Rp 30.000 per tabung," terangnya.

Baca Juga: Mantan Kasatpol PP Sulawesi Tenggara Ngamuk Soal Jalan Rusak di Kolaka Utara

Emak-emak lainya, Alea warga kelurahan Lasusua menyatakan, dirinya terpaksa mencari gas elpiji melon hingga keluar Kecamatan Lasusua. Karena sejumlah pengecer di tempatnya tidak tersedia lagi.

“Saya cari keliling tidak ada, kebetulan kami mau ke Utara jadi bawa tabung dan dapat di Kecamatan Kodeoha. Harganya masih Rp 25.000, itu satu Minggu lalu, tidak tahu sekarang," ujarnya.

Sementara itu, salah satu penjual gas elpiji 3 Kg di Keluarkan Lapai, Azis mengakui adanya kelangkaan gas elpiji. Ia pun terpaksa menjual tabung bersubsidi tersebut di atas harga normal.

"Minggu lalu saya masih jual Rp 26.000, sekarang sudah Rp 30.000 per tabung. Terpaksa jual begitu karena dapatnya susah sekali. Kami biasa mencari sampai ke Kecamatan Lasusua," jelasnya.

Baca Juga: Ini 6 Kegiatan Prioritas Kebijakan Belanja Daerah Kolaka Utara 2024

Azis tidak mengetahui persis apa penyebab kelangkaan gas elpiji 3 Kg itu. Namun dia berharap agar tidak berlarut-larut. Karena gas elpiji 3 Kg saat ini menjadi kebutuhan utama masyarakat terutama ibu rumah tangga.

Tidak hanya di Kolaka Utara, kelangkaan tabung gas 3 Kg juga dirasakan Darmianti, warga Desa Ulukalo, Kecamatan Iwoimenda, Kabupaten Kolaka.

"Di sini juga sudah mulai langka, bahkan warga yang hendak mengambil gas elpiji 3 kilogram harus membawa KK dan KTP, itupun hanya boleh ambil 2 tabung per KK," kata dia melalui sambungan telepon. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga