Emak-Emak di Konawe Dukung Hugua Jadi Gubernur Sulawesi Tenggara 2024

Erni Yanti, telisik indonesia
Senin, 01 April 2024
0 dilihat
Emak-Emak di Konawe Dukung Hugua Jadi Gubernur Sulawesi Tenggara 2024
Puluhan emak-emak dari Konawe deklarasi dukung Hugua maju Gubernur Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Sejumlah emak-emak di Kawasan Binaan Lembaga Swadaya Masyarakat Sintesa di Kecamatan Pondidaha menyatakan dukungannya terhadap Hugua sebagai calon Gubernur Sulawesi Tenggara "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Sejumlah emak-emak di Kawasan Binaan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sintesa di Kecamatan Pondidaha menyatakan dukungannya terhadap Hugua sebagai calon Gubernur Sulawesi Tenggara 2024.

Emak-emak ini juga menyampaikan harapan agar Hugua dapat menyejahterakan masyarakat.

"Harapan kami, jika Pak Hugua menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara 2024-2029, kita sangat berharap semoga dipimpin beliau daerah ini lebih makmur dan sejahtera di bidang apa pun," kata Suhartini, mewakili emak-emak tersebut, Senin (1/4/2024).

Suhartini menyampaikan bahwa emak-emak yang hadir sebagian besar merupakan pelaku UMKM. Dia pun mengaku menaruh harapan agar emak-emak diberikan perhatian berupa pelatihan maupun bantuan modal usaha.

"Kami yakin jika Pak Hugua Gubernur maka UMKM akan berkembang pesat, sebab pada tahun 2003 atau sekitar 20 tahun lalu melalui Yayasan Sintesa Pak Hugua sudah hadir di Pondidaha membangun sekolah pertanian berkelanjutan di atas lahan 30 Ha dan 3 buah bangunan permanen untuk memberikan pelatihan bagi emak-emak dan petani secara umum," kata Suhartini.

Baca Juga: Perhimpunan Petani Konawe Selatan Deklarasi Dukung Hugua Maju Calon Gubernur Sulawesi Tenggara

Pelatihan dimaksud adalah pembuatan tungku arang dan introduksi jagung hibrida, yang saat ini berkembang menjadi PJR, hal itu merupakan cikal bakalnya Hugua dahulu.

Selanjutnya, Irma Jayanti menambahkan bahwa mereka menaruh harapan agar emak-emak diberikan perhatian berupa pelatihan maupun bantuan modal usaha.

Sejak 2003, Sintesa mengembangkan program Bantesa yaitu suatu replikasi Gramin Bank meliputi seluruh desa di Kecamatan Pindidaha dan desa-desa pada kecamatan di sekitarnya sebagai hasil gulirannya.

Program tersebut atas dukungan dari  JICA Jepang dan Komitee Arzte Fur Die Drite Welt German. Sekolah ini semakin maju hingga sekarang dan menjadi tempat studi banding dan praktek mahasiswa, khususnya Fakultas Pertanian  UHO dan Unsultra.

"Saya berharap ditingkatkan lagi dari dinas untuk pelatihan dan untuk ditingkatkan permodalan entah dari daerah ataupun swasta, Pak Hugua memang jago lobi baik dalam dan luar negeri," ungkap Irma sambil tersenyum tipis.

Baca Juga: Jaringan Hugua Sultra Deklarasikan Dukungan untuk Hugua Jadi Cagub Sulawesi Tenggara

Tak hanya itu, dia juga menekankan agar Hugua saat menjadi gubernur nanti dapat menghadirkan banyak lapangan pekerjaan bagi anak-anak mereka.

Kegiatan LSM Sintesa di Kabupaten  Konawe tidak hanya di sekitar pengembangan ekonomi masyarakat tapi juga program air bersih dan jamban sehat keluarga yang  yang mencakup puluhan desa di Sonai Kecamatan Puriala.

Di samping itu juga pada desa-desa yang sama adalah juga memberikan bantuan sapi bagi masyarakat, semua program tersebut masih dinikmati masyarakat hingga sekarang. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga