Empat Putra Daerah Ikut Fit and Proper Test Calon Pj Bupati Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 26 Juli 2022
0 dilihat
Empat Putra Daerah Ikut Fit and Proper Test Calon Pj Bupati Kolaka Utara
Empat putra daerah Kolaka Utara yang dikabarkan ikut fit and propert test calon Penjabat Bupati Kolaka Utara. Foto: Ist.

" Beberapa pekan lalu, DPRD telah memanggil beberapa putra daerah terbaik untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Pj Bupati Kolaka Utara "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Diskusi soal calon Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut) yang bakal menjalankan roda pemerintahan pasca berakhirnya masa jabatan bupati dan wakil bupati defenitif periode 2017-2022, akhir-akhir ini menjadi trending topik.

Hangatnya diskusi menyoal siapa Pj bupati nantinya, dilatarbelakangi adanya keinginan sebagian masyarakat Kolaka Utara yang menghendaki Bumi Patowonua dipimpin oleh putra daerah.

Hasil penelusuran Telisik.id, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) beberapa pekan lalu telah memanggil beberapa putra daerah terbaik untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Pj Bupati Kolaka Utara di gedung DPRD Kolaka Utara.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Telisik.id, mereka yang ikut fit and proper test, yakni Sekertaris Daerah Kolaka Utara, Dr. Taufiq S. SP. MM, Sekertaris DPRD Kolaka Utara, Drs. Tahrim Hodi, M.Si, Kepala Balitbang Kolaka Utara, Dr. Masmur, SS. M.Si, dan Kadis Dukcapil Kolaka Utara, Drs. Buhari Hamid, MM.

Selain empat putra daerah tersebut, juga terdapat dua tokoh luar Kabupaten Kolaka Utara yang jalani fit and proper test di gedung DPRD, identitas kedua orang tersebut tidak terekspose ke publik.

Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari, S.Kel. M.Si saat dikonfirmasi terkait hasil presentasi dan tiga nama calon Pj bupati yang direkomendasikan DPRD ke provinsi usai fit and proper test untuk selanjutnya diteruskan ke pemerintah pusat, enggan berkomentar banyak.

Baca Juga: Dugaan Penyelewengan Dana Umat ACT, Ini Tanggapan Dinsos Konawe

"Mohon maaf adik, saya menjaga amanah dan kesepakatan teman-teman fraksi bahwa rekomendasi kami rahasiakan," kata dia melalui WhatsApp, Kamis (21/7/2022) pekan lalu.

Hal serupa disampaikan Wakil Ketua II DPRD Kolaka Utara, Agusdin, S.Kom ketika dihubungi melalui WhatsApp.

"Saya lagi di jalan dulu," pesannya.

Begitu juga Ketua Komisi III DPRD Kolaka Utara, Abu Muslim, SH saat ditanya terkait hasil presentasi beberapa calon Pj bupati.

"Kalau Pj jangan ke saya, ke pimpinan. Saya kemarin tidak terlalu ikuti, karena anak saya lagi perawatan di rumah sakit," ucapnya.

Sebelumnya, Selasa (12/7/2022) lalu, puluhan organisasi kemasyarakatan dan pemuda bersama DPC Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (ABDESI) tergabung dalam aliansi Koalisi Perjuangan Rakyat Kolaka Utara, mendatangi gedung parlemen Kolaka Utara.

Kedatangan mereka untuk menyampaikan pokok pikiran dan aspirasi komponen masyarakat tentang agenda penunjukan Pj Bupati Kolaka Utara oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Baca Juga: Pj Bupati Muh Yusup: HUT Buton Tengah ke-8 Mari Diisi dengan Karya dan Prestasi

Gabungan ormas itu meminta legislatif Kolaka Utara mengusul tiga nama calon Penjabat Bupati Kolaka Utara menggantikan bupati definitif yang akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 22 Agustus 2022 nanti.

Tiga nama itu, yakni Sekda Kolaka Utara, Dr. Taufiq, SP., MM, Sekwan Kolaka Utara, Drs.Tahrim Hodi, MM dan Kepala Balitbang Kolaka Utara, Masmur Lakahena, S.S., M.Si.

Ketiga tokoh tersebut menurut mereka dinilai telah memenuhi syarat untuk memimpin Kolaka Utara pasca berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH dan H. Abbas, SE, 22 Agustus 2022 mendatang. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga