Euro 2024: Disaksikan 5 Miliar Penonton TV dan Pengikut di Media Sosial Naik 14 Juta

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 14 Juli 2024
0 dilihat
Euro 2024: Disaksikan 5 Miliar Penonton TV dan Pengikut di Media Sosial Naik 14 Juta
Pendukung tim tuan rumah Jerman menyaksikan kekalahan tim mereka atas Spanyol di perempat final Euro 2024 di Stuttgart Arena, 5 Juli 2024. Foto: euro.com

" UEFA Euro 2024 mencapai puncaknya pada hari Minggu waktu setempat atau Senin (15/7/2024) dinihari WIB setelah babak penyisihan grup yang mendebarkan dan fase sistem gugur yang sama menariknya ketika juara Eropa dinobatkan di Olympiastadion di Berlin "

BERLIN, TELISIK.ID - UEFA Euro 2024 mencapai puncaknya pada hari Minggu waktu setempat atau Senin (15/7/2024) dinihari WIB setelah babak penyisihan grup yang mendebarkan dan fase sistem gugur yang sama menariknya ketika juara Eropa dinobatkan di Olympiastadion di Berlin.

Popularitas EURO di seluruh dunia, yang telah disaksikan selama babak penyisihan grup, terus berlanjut sebagaimana tercermin dalam angka-angka terbaru yang dihasilkan oleh kegiatan dan prioritas turnamen di luar lapangan, seperti dikutip dari euro.com.

Zona Penggemar dan Jalan-jalan Penggemar

Sepuluh Zona Penggemar di kota-kota tuan rumah telah menyambut total 5,8 juta pengunjung, dan terus bertambah, selama kejuaraan. Malam yang menjamu Jerman melawan Spanyol di perempat final menjadi hari turnamen dengan total 547.000 pengunjung di seluruh Zona Penggemar.

Bersama dengan kota-kota tuan rumah dan bekerja sama dengan asosiasi nasional yang berpartisipasi, UEFA juga telah memfasilitasi jalan-jalan penggemar terorganisir ke stadion.

Baca Juga: Lionel Messi Berharap Angel Di Maria Pensiun Cetak Gol di Final Copa America 2024

Ini telah terjadi di puluhan pertandingan dan terbukti sangat populer, dengan ribuan pendukung bergabung bersama dalam suasana festival. Secara keseluruhan, diperkirakan lebih dari 600.000 penggemar berpartisipasi dalam jalan-jalan penggemar dari titik pertemuan penggemar khusus ke stadion.

Pemirsa Televisi

UEFA Euro 2024 juga telah mencetak rekor untuk pemirsa TV di negara-negara tim yang berpartisipasi. Sementara minat masyarakat dunia terhadap turnamen ini sangat tinggi karena tetap berada di jalur untuk mencapai pemirsa kumulatif lebih dari 5 miliar pemirsa.

Media Sosial

Peningkatan kuat dalam jumlah media sosial dari UEFA Euro 2020 terus berlanjut. Saluran resmi UEFA Euro di TikTok, Instagram, Facebook, X, dan WhatsApp telah meningkat lebih dari 14 juta pengikut baru sejak dimulainya Euro 2024. Saluran telah mengumpulkan 335 juta keterlibatan dan 2,8 miliar tampilan video.

Tiket dan Kehadiran Pertandingan

Menjelang final, sekitar 2,6 juta penonton telah menghadiri 50 pertandingan yang dimainkan, dengan penggemar hadir dari lebih dari 190 negara.

Lebih dari 387.000 tiket Fans First (tersedia dari € 30 {sekitar Rp 527.910} untuk pertandingan penyisihan grup) terjual, berkontribusi pada penghitungan lebih dari 1,1 juta tiket yang dibeli dalam rentang Fans First dan kategori 3 (tersedia dari € 60 {sekitar Rp 1.055.820} untuk pertandingan grup).

Hanya 0,7 persen pemegang tiket yang menghubungi layanan pelanggan, menunjukkan kelancaran operasi tiket di seluruh pertandingan.

Lingkungan, Sosial, Pemerintahan

Inisiatif UEFA untuk menjadikan Euro ini paling berkelanjutan sepanjang masa telah berhasil. Dalam hal transportasi berkelanjutan, 275.000 penggemar telah membeli tiket Deutsche Bahn khusus untuk penggemar.

Kemudian 7.600 tiket interrail, dengan lebih banyak lagi yang naik kereta untuk menavigasi negara; Terlebih lagi, 81 persen penonton telah menggunakan transportasi ramah lingkungan untuk sampai ke stadion.

Baca Juga: Pelatih Kolombia Nestor Lorenzo Kritik Konser Shakira di Jeda Partai Final Copa America 2024

Selain itu, lebih dari 850.000 pengguna UEFA Fan Pass telah mengaktifkan tiket transportasi umum mereka untuk berkeliling kota-kota tuan rumah dan sekitarnya.

Mengenai Dana Iklim UEFA, € 7 juta (sekitar Rp 123,18 miliar) telah diinvestasikan oleh UEFA dengan 190 klub amatir menerima dana sebesar € 4,9 juta (sekitar Rp 86,23 miliar) dan 21 asosiasi regional juga diberikan masing-masing € 100.000 (sekitar Rp 1,7 miliar) (agregat € 2,1 juta).

Dapatkan Pelatihan, Selamatkan Nyawa

Akhirnya, di stan cardio-pulmonary resuscitation (CPR) khusus di zona penggemar, dan sebagai bagian dari kampanye 'Get Trained, Save Lives' (Pelatihan, Selamatkan Nyawa), lebih dari 35.000 peserta dan penggemar dari semua tim telah belajar dan berlatih CPR.

Selain penggemar, tim EURO yang berpartisipasi juga telah melakukan pelatihan penyelamatan jiwa di base camp mereka. Inisiatif ini telah diperluas untuk menyatukan ofisial, staf, dan sukarelawan yang bekerja di turnamen Euro 2024. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga