Euro 2024: Ollie Watkins Puji Bakat Calon Lawan Lamine Yamal

Mustaqim, telisik indonesia
Sabtu, 13 Juli 2024
0 dilihat
Euro 2024: Ollie Watkins Puji Bakat Calon Lawan Lamine Yamal
Bintang muda Spanyol, Lamine Yamal (kiri), dan Ollie Watkins dari Inggris. Foto: Getty Image

" Ollie Watkins menyebut pemain muda Spanyol, Lamine Yamal, sebagai generasi berbakat menjelang pertandingan Inggris dengan La Roja di final Euro 2024 di Olympiastadion "

BERLIN, TELISIK.ID - Ollie Watkins menyebut pemain muda Spanyol, Lamine Yamal, sebagai generasi berbakat menjelang pertandingan Inggris dengan La Roja di final Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, pada Senin (15/7/2024) dinihari pukul 02:00 WIB.

Yamal memainkan peran kunci dan membawa Spanyol mencapai final turnamen besar pertama mereka sejak 2012. Dia mencetak gol cantik yang menyamakan gol pembuka Randal Kolo Muani sebelum gol kemenangan Spanyol oleh Dani Olmo empat menit kemudian.

Yamal memiliki 13 tembakan ke arah gawang di Euro 2024 (6 tembakan tepat sasaran, 7 peluang tercipta gol), tiga lebih banyak dari pemain lain.

Setelah mengalahkan rekor Pele sebagai pemain termuda yang mencetak gol di turnamen besar, banyak sejarah yang dibukukan Yamal di Berlin.

Baca Juga: Copa America 2024: Kanada Bidik Sejarah Berebut Tempat Ketiga vs Uruguay

Sehari setelah ulang tahunnya yang ke-17, penyerang Barcelona itu bisa menjadi pemain termuda yang tampil di final Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa, sekali lagi, mengalahkan rekor Pele dari Piala Dunia 1958 (17 tahun 249 hari).

“Semua orang melihat apa yang bisa dia (Lamine Yamal, red) lakukan. Tidak sering Anda mencetak gol melawan Prancis di sudut atas di semifinal Euro ketika Anda berusia 16 tahun,” kata Watkins, striker Inggris asal klub Aston Villa.

Inggris terlambat bangkit untuk mengamankan tempat di final turnamen besar Euro pertama mereka di negara lain, dengan Watkins menciptakan gol penentu melawan Belanda.

Harapan The Three Lions untuk mencapai putaran final Kejuaraan Eropa back-to-back rusak sejak awal ketika Xavi Simons melepaskan tembakan melewati Jordan Pickford dari jarak jauh.

Namun, Harry Kane menyamakan kedudukan dari titik penalti, sebelum Watkins muncul dari bangku cadangan untuk memastikan tim Gareth Southgate melangkah ke final.

Watkins tidak berada di bawah ilusi tentang kesulitan menunggu timnya tampil di final. Dia mengakui perjalanan Spanyol ke final tidak ringan karena telah mengalahkan Italia, Jerman, dan Prancis.

“Mereka harus melalui perjalanan yang lebih sulit daripada kami bermain melawan Italia, Jerman, dan Prancis. Saya merasa mereka mungkin tim terbaik dari kompetisi sejauh ini,” ujar Watkins tentang Spanyol.

Baca Juga: Wasit Termuda Francois Letexier Pimpin Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris

Dia menilai para pemain sayap Spanyol sangat dinamis, muda, dan penuh percaya diri. Tetapi, Watkins tetap optimis Inggris diperkuat pemain-pemain dengan bakat kelas dunia sehingga dia menilai ini akan menjadi pertandingan yang sangat menarik.

“Saya tidak sabar untuk menontonnya dan menjadi bagian darinya. Mudah-mudahan kita bisa menuntaskan tugas (melawan Spanyol),” tegasnya.

Watkins telah mencetak gol internasional keempatnya dari kemenangan semifinal mereka atas Belanda. Dia mengaku gol ke gawang Belanda sudah ditontonnya berulang kali ketika dirinya kembali ke kamp tim.

“Seorang teman baik mengatakan dia merasa seperti saya akan mencetak gol di final Euro, (seperti) saya melakukan di pertandingan sebelumnya. Tetapi Anda tidak pernah tahu, saya mungkin menyimpan satu lagi untuk final,” tutur Watkins. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga