Fakultas Agama Islam UM Kendari Punya Prodi Psikologi Islam, Satu-satunya di Sultra

Siti Nabila, telisik indonesia
Rabu, 07 Agustus 2024
0 dilihat
Fakultas Agama Islam UM Kendari Punya Prodi Psikologi Islam, Satu-satunya di Sultra
Dekan Fakultas Agama Islam UMK, Arsam (kiri), gedung Fakultas Agama Islam Muhammadiyah Kendari, Sultra. Foto: Ist.

" Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhamadiyah Kendari (UMK), buka Prodi Psikologi Islam, pertama dan satu-satunya di Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhamadiyah Kendari (UMK), buka Prodi Psikologi Islam, pertama dan satu-satunya di Sulawesi Tenggara.

Prodi ini dibuka pada awal tahun 2024, hingga kini sudah berjalan 5 bulan. Walaupun terhitung masih baru, program studi ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi peminatnya. Dibuktikan dari 6 program studi baru di UMK, Prodi Psikologi Islam merupakan prodi dengan peminat terbanyak tahun ini.

Hal ini diungkapkan Arsam, Dekan FAI UMK. Kepada Telisik.id, Arsam menyampaikan, prodi baru ini merupakan salah satu upaya mewujudkan visi dan misi Fakultas PAI yang unggul dan berakhlakul karimah di tahun 2030.

Baca Juga: Sebanyak 3.335 Mahasiswa UHO Kendari Diwisuda

Dia menyebut, saat ini FAI terus gencar melakukan pembenahan dalam mencapai akreditasi unggul. Kata dia, capaian tersebut akan dilakukan secara bertahap mulai dari peningkatan kompetensi dosen, kesiapan mahasiswa hingga fasilitas kampus.

Dalam peningkatan kompetensi dosen, dilakukan dengan memenuhi standarisasi dosen, salah satunya ketersediaan dosen dengan kualifikasi doktor sebanyak 50 persen, meliputi jabatan fungsional, mulai dari Lektor Kepala dan Lektor.

Ditanya soal tantangan, Arsam menyebutkan kesiapan mahasiswa dalam mencapai akreditasi unggul relatif mudah, hanya beberapa aspek yang perlu ditingkatkan seperti dalam bidang penelitian.

Olehnya itu, FAI masih terus berupaya memaksimalkan penelitian internal baik secara kelompok maupun perseorangan. Menurutnya, penelitian perseorangan oleh dosen dianggap telah maksimal. Dan untuk penelitian yang melibatkan mahasiswa masih terbilang kurang, namun akan terus dimaksimalkan keterlibatan mahasiswa.

Baca Juga: Tiga Pelajar SD di Muna Wakili Sulawesi Tenggara Lomba OSN Tingkat Nasional

Lebih lanjut Arsam membeberkan, akan memberikan kemudahan kepada mahasiswa dalam menyelesaikan tugas Akhir dengan publikasi jurnal yang terindeks scopus, namun berlaku untuk tahun depan.

Terkait pembiayaan kuliah, pihak universitas telah menyediakan beberapa program beasiswa di antaranya beasiswa tahfidz, beasiswa perserikatan hasil rekomendasi pimpinan daerah Muhammadiyah, beasiswa jalur non akademik dan beasiswa berprestasi.

"Seperti untuk beasiswa berprestasi dalam bidang olahraga nantinya akan dibuktikan dengan sertifikat," tandasnya. (C)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga