Final Copa America 2024 Pertarungan Kapten Legendaris Lionel Messi dan James Rodriguez

Mustaqim, telisik indonesia
Sabtu, 13 Juli 2024
0 dilihat
Final Copa America 2024 Pertarungan Kapten Legendaris Lionel Messi dan James Rodriguez
Kapten Argentina, Lionel Messi (kiri), dan James Rodriguez dari Kolombia. Foto: Getty Image

" Final Copa America 2024 yang gemerlap menanti para penggemar di Stadion Hard Rock di Miami Gardens, Florida, Senin (15/7/2024) pagi WIB, antara juara bertahan Argentina dan Kolombia yang tak terkalahkan dalam 28 pertandingan "

FLORIDA, TELISIK.ID - Final Copa America 2024 yang gemerlap menanti para penggemar di Stadion Hard Rock di Miami Gardens, Florida, Senin (15/7/2024) pagi WIB, antara juara bertahan Argentina dan Kolombia yang tak terkalahkan dalam 28 pertandingan.

Copa America edisi tahun ini adalah turnamen yang tak terlupakan bagi kedua negara, yang dipimpin oleh kapten legendaris mereka, Lionel Messi (Argentina) dan James Rodriguez (Kolombia).

Messi, playmaker asal Rosario, pemenang 8 Ballon d'Or, dan meraih CONMEBOL Copa América pertamanya di edisi 2021 sedang berjuang mempertahankan trofi kontinental keduanya.

Kapten Argentina bernomor 10 itu berperan penting dalam membantu negaranya mencapai grand final. Dia memimpin seluruh pesaing dalam hal menciptakan peluang besar mencetak gol (7 peluang) dan umpan kunci terbanyak kedua (15 kali).

Baca Juga: Marcelo Bielsa Bela Bentrok Pemainnya dengan Suporter Kolombia dan Tuding Penyelenggara Bohong

Messi yang kini bermain di Inter Miami mengatasi cedera di babak penyisihan grup dan tetap menjadi salah satu pemain paling berpengaruh di Copa America 2024.

Bersama dua rekan satu timnya, Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi, Copa America 2024 akan menjadi edisi terakhir bagi Messi. Mereka bertiga adalah pemain yang membawa Argentina juara Piala Dunia FIFA 2022.

Messi dan rekan-rekannya akan berusaha menjadikan negaranya tim paling sukses dalam sejarah Copa America dengan kemenangan di final. Saat ini Argentina dan Uruguay berbagi prestasi dengan masing-masing 15 gelar.

Sementara itu, pemain Kolombia yang juga kapten tim, James Rodriguez, telah menjadi roh permainan bagi timnya.

Rodriguez memecahkan rekor Messi untuk assist terbanyak dalam satu edisi, dengan enam assist yang tercatat. Dia sedang bersemangat untuk memenangkan gelar pertama negaranya sejak edisi Copa America 2001.

Lahir di Cucuta, Kolombia, gelandang ini muncul setelah membantu negaranya tampil fantastis di Piala Dunia FIFA 2014. Sepanjang karirnya, Rodriguez telah bermain untuk klub-klub besar seperti FC Porto, AS Monaco, Real Madrid, Bayern Munich, dan Everton.

Pemain berusia 33 tahun dan bersama tim Kolombia-nya saat ini berada dalam 28 pertandingan beruntun tak terkalahkan sebelum final.

Baca Juga: Copa America 2024: Hanya 10 Pemain Kolombia Tumbangkan Uruguay dan Lolos ke Final

Rodriguez, yang merupakan bagian penting dari kesuksesan negaranya di turnamen, memimpin kompetisi dalam umpan-umpan kunci (17) dan berada di urutan kedua dalam menciptakan peluang besar terjadinya gol (5).

Hasil terbaik James, sebelum edisi 2024 ini, adalah tempat keempat pada tahun 2016, turnamen yang juga dimainkan di Amerika Serikat.

Rodriguez telah bertemu Argentina di turnamen tim nasional tertua di dunia dua kali sebelumnya. Yakni selama perempat final edisi 2015, di mana Argentina menang adu penalti. Kemudian di babak grup edisi 2019, saat itu Kolombia menang 2-0 dan Rodríguez mencatatkan assist.

Sekarang, di edisi 2024, Argentina dan Kolombia mempertaruhkan gengsi kedua negara untuk membuktikan sebagai tim terbaik di partai puncak. Messi dan Rodriguez masing-masing akan memimpin rekan-rekan setim untuk pertaruhan gengsi tersebut. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga