adplus-dvertising

Final Euro 2020: 4 Jurus Sterling akan Buat Italia Sakit Kepala

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 10 Juli 2021
729 dilihat
Final Euro 2020: 4 Jurus Sterling akan Buat Italia Sakit Kepala
Penyerang Inggris, Raheem Sterling. Foto: Repro AFP

" Pemain Inggris, Raheem Sterling, menjadi sosok yang patut diperhatikan pemain-pemain Italia dalam laga final Euro 2020 (Euro 2021). "

LONDON, TELISIK.ID - Pemain Inggris, Raheem Sterling, menjadi sosok yang patut diperhatikan pemain-pemain Italia dalam laga final Euro 2020 (Euro 2021).

Sterling selalu jadi pilihan utama Gareth Southgate dalam enam laga The Three Lions, sejak babak grup hingga semifinal.

Posisi pemain Manchester City itu tak tergantikan lantaran penampilan yang konsisten. Sterling menjadi penentu kemenangan Inggris di fase grup.


Satu gol ke gawang Kroasia dan Republik Ceko membuat Sterling menjadi sosok penting sebelum Harry Kane bangkit dan mampu mencetak gol di babak 16 besar. Sterling pun kembali membuka kemenangan Inggris atas Jerman di babak 16 besar.

  Kendati tidak mencetak gol lagi di babak perempat final dan semifinal, pemain-pemain Gli Azzurri tak bisa menyepelekan Sterling yang memiliki catatan impresif dalam statistik resmi Euro 2020.

Berikut tiga aksi individu Sterling yang masuk dalam lima besar Euro 2020, seperti dilansir dari Cnnindonesia.com:

Baca juga: Final Euro 2020: Italia Punya Rekor Cemerlang Dibanding Inggris saat Adu Penalti

Baca juga: Hasil Euro 2020: Menang Dramatis dari Denmark, Inggris vs Italia Tersaji di Final

1. Pemain Paling Sukses Menggiring Bola

Sterling merupakan pemain yang paling sering mengecoh lawan dengan aksi dribel. Dari enam pertandingan yang dijalani, mantan pemain Liverpool itu 18 kali melewati lawan.

Separuh dari keberhasilan melakukan dribel tersebut di antaranya dilakukan ketika Inggris mengalahkan Denmark di laga semifinal.

2. Solo Run ke Kotak Penalti

Tak cuma mengancam lawan di sepertiga akhir, Sterling juga tercatat mampu membawa bola masuk ke daerah kotak penalti.

Sterling melakukan solo run ke kotak penalti sebanyak 13 kali, atau hanya tertinggal satu kali dari Lorenzo Insigne. Namun lagi-lagi Sterling unggul atas Mbappe.

3. Gemar Menggiring Bola ke Pertahanan Lawan

Kemampuan dribel Sterling pun memberi ancaman bagi pertahanan lawan karena mampu melakukan tusukan yang bisa berpotensi gol.

Sterling tercatat 16 kali melakukan solo run ke daerah sepertiga akhir. Meski kalah dari Pedri yang melakukan 27 kali solo run, catatan Sterling lebih banyak ketimbang Cristiano Ronaldo yang melakukan hal yang sama sebanyak 15 kali.

4. Lincah di Atas Lapangan

Bentuk tubuh Sterling turut andil dalam kelincahannya di atas lapangan. Bahkan Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengomentari kelincahan pemain itu saat membawa bola.

"Jika anda menilai pemain di Piala Dunia berdasarkan apakah dia mencetak gol atau tidak, Sterling punya hubungan spesial dengan sepak bola Inggris. Namun, dia sangat dicintai di ruang ganti," kata Guardiola dikutip Manchester Evening News.

"Dia banyak melakukan hal bagus di Piala Dunia. Dia bergerak menciptakan ruang untuk pemain lain di belakangnya. Tentu dia akan senang jika mencetak gol, namun saya yakin pada kualifikasi Piala Eropa dia akan mendulang sejumlah gol." (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga