Foto Humanis: Roda Kehidupan Para Nelayan

Apriadi Mayoro, telisik indonesia
Kamis, 11 Januari 2024
0 dilihat
Foto Humanis: Roda Kehidupan Para Nelayan
Foto: Apriadi Mayoro/Telisik

" "

DALAM kehidupan yang penuh tantangan di laut, para ABK kapal menunjukkan dedikasi yang luar biasa. Aktivitas mereka begitu padat, silih berganti bersandar di pelabuhan dan kembali lagi untuk melaut.

Pagi hari, sebelum matahari muncul sepenuhnya, para ABK sudah sibuk mempersiapkan kapal, memeriksa peralatan, dan merencanakan pelayaran.

Foto: Apriadi Mayoro/Telisik 

 

Sesampainya di pelabuhan, keramaian terlihat dari kesibukan para ABK yang menurunkan hasil tangkapan laut. Mereka dengan gotong royong menarik kapal 30 gt untuk mendekat ke area pembongkaran.

Tampak terlihat baju mereka yang basah, datang menyandarkan kapal untuk membongkar hasil tangkapan ke TPI Higienis Pelabuhan Kendari. Mereka bekerja sama dengan buruh nelayan untuk memindahkan hasil tangkapan.

Foto: Apriadi Mayoro/Telisik 

 

Ada candaan-candaan di tengah kesibukan mereka, kebersamaan ABK kapal dan buruh nelayan tampaknya menghilangkan kelelahan diantara mereka.

Sayangnya, itu tidak berlangsung lama, ABK kapal langsung meninggalkan pelabuhan untuk kembali berlayar di lautan. Silih berganti aktivitas seperti ini, siang malam tanpa henti.

Foto: Apriadi Mayoro/Telisik 

 

Hujan dan badai pun tampaknya tidak bisa menghentikan kesibukan mereka. Hasil tangkapan tidak bisa membiarkan mereka istirahat walau sebentar, telat sedikit, maka ikan mereka akan membusuk. (*)

Foto: Apriadi Mayoro

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga