Gaji Saddil Ramdani Asal Sulawesi Tenggara yang Berkiprah di Luar Negeri Tembus Ratusan Juta

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 17 Juni 2023
0 dilihat
Gaji Saddil Ramdani Asal Sulawesi Tenggara yang Berkiprah di Luar Negeri Tembus Ratusan Juta
Saddil Ramdani kelahiran Raha, Sulawesi Tenggara pada 2 Januari 1999 kini berkiprah di Malaysia, Sabah FA yang penghasilannya ratusan juta per bulan. Foto: Okezone.com

" Saddil Ramdani merupakan salah satu pemain sepak bola yang beruntung karena ia berkiprah di luar negeri. Saddil Ramdani sendiri mulai dikenal saat dirinya bergabung di Timnas Indonesia U-19 "

KENDARI, TELISIK.ID - Saddil Ramdani merupakan salah satu pemain sepak bola yang beruntung karena ia berkiprah di luar negeri. Saddil Ramdani sendiri mulai dikenal saat dirinya bergabung di Timnas Indonesia U-19.

Saddil Ramdani telah menjalani debut bersama Sabah FA di Liga Malaysia. Ia secara resmi bergabung dengan Sabah FA pada 18 Februari 2020 lalu seperti dikutip dari Kompas.com.

Kecepatan luar biasa yang dilengkapi dengan skill olah bola di atas rata-rata membuat pemain kelahiran Raha, Sulawesi Tenggara pada 2 Januari 1999 menjadi idola tersendiri pada masa itu. Bahkan kemampuannya dalam menggiring bola membuatnya dijuluki sebagai Gocekan Pecel Lele.

Baca Juga: Lionel Messi Batal Bertanding di FIFA Matchday Lawan Indonesia, IG Erick Thohir Jadi Bulan-bulanan Warganet

Mengutip Okezone.com, saddil memulai karier sepakbolanya di Aji Santoso International Football Academy (ASIFA). Setelah tampil apik di Timnas Indonesia U-19, dirinya mulai mendapat banyak tawaran dari klub-klub Indonesia hingga akhirnya memilih berlabuh ke Persela Lamongan.

Setahun di Malaysia, Saddil kembali ke Indonesia untuk memperkuat Bhayangkara FC. Tak lama setelahnya, Saddil kembali ke Malaysia untuk bermain bersama Sabah FA. Dan pada musim ini, Saddil telah bermain dalam 10 pertandingan dengan catatan empat gol dan dua assist.

Dilansir dari Bola.com, ia juga mampu membawa Sabah FC bersaing dengan juara sembilan kali berturut-turut Liga Super Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) di papan atas musim ini.

Sabah FC masih sempurna dalam tiga pertandingan Liga Super Malaysia. Selain menekuk PDRM FC dan Kuching City, The Rhinos juga membungkam Kelantan United 3-1.

Baca Juga: Disebut Batal ke Indonesia, Messi Cuma Mau Main Lawan Australia

Sementara itu, JDT juga meraih hattrick kemenangan dengan memukul Terengganu 2-0, Kuala Lumpur City 3-0, dan Negeri Sembilan tujuh gol tanpa balas.

Menurut legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto yang juga pernah menjadi pelatih di Malaysia, gaji pemain asing di Liga Malaysia terkhusus untuk slot ASEAN berada di kisaran angka 7.500 hingga 8.000 dolar.

Gaji minimal pemain Asia Tenggara di Liga Malaysia berkisar antara Rp 105-120 juta rupiah per bulan. Gaji Saddil Ramdani di klub Malaysia, Sabah FA sekitar Rp 434 juta. Hal ini berarti gaji yang didapat Saddil Ramdani di Liga Malaysia berada jauh dari minimal gaji yang ditentukan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga