Gelar Rakor, TPID Buton Selatan Upayakan Langkah Atasi Inflasi

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Kamis, 08 Februari 2024
0 dilihat
Gelar Rakor, TPID Buton Selatan Upayakan Langkah Atasi Inflasi
TPID saat menghadiri Rakor di aula kantor Bupati Buton Selatan. Foto: DisKomInfo Buton Selatan

" Dalam upaya mengatasi inflasi, Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) Buton Selatan menggelar rapat koordinasi yang dipimpin Pj Sekretaris Daerah, La Hardin "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Dalam upaya mengatasi inflasi, Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) Buton Selatan menggelar rapat koordinasi yang dipimpin Pj Sekretaris Daerah, La Hardin, Senin (5/2/2024).

Hadir pula Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Buton Selatan, MZ. Amril Tamim, serta Staf Ahli Bupati Buton Selatan Bidang Keuangan dan Pembangunan, Kaimudin. Rakor yang digelar di Aula Kantor Bupati Buton Selatan itu membahas tentang bagaimana cara dan langkah yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengatasi maupun mengendalikan inflasi.

Inflasi dapat terjadi karena tingginya jumlah permintaan barang dan jasa yang tidak sebanding dengan jumlah stok yang ada. Hal tersebut memicu kenaikan biaya produksi atau cost push inflation. Kenaikan biaya produksi menyebabkan barang yang ditawarkan mengalami kenaikan harga, sehingga inflasi menjadi tak terelakkan.

Baca Juga: Pj Bupati Hadiri Musrembang Tingkat Kabupaten Buton Selatan

Bukan hanya itu, meningkatnya jumlah uang yang beredar di masyarakat atau in circulation juga menjadi penyebab terjadinya inflasi. Terlebih inflasi sendiri diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Di Indonesia utamanya di Kabupaten Buton Selatan, harga jual beberapa komoditas seperti telur, cabai, dan daging ayam disinyalir memberikan kontribusi terhadap terjadinya inflasi.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan, khususnya para OPD yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID), mempunyai beberapa cara dalam mengatasi inflasi yakni dengan mengadakan pasar murah dan meningkatkan hasil produksi.

Baca Juga: Pimpin Rakorda, Pj Bupati Buton Selatan: Perlu Harmonisasi Seluruh Stakeholder

Selain itu, mempermudah masuknya barang impor, menstabilkan pendapatan masyarakat (upah/gaji), menetapkan range harga maksimum, serta melakukan pengawasan dan distribusi barang.

Rapat Koordinasi tersebut juga dihadiri para Kepala OPD, Staf Ahli Setda Buton Selatan, para kabag, serta para camat dan kepala desa/kelurahan se-Kabupaten Buton Selatan.

Diketahui, TPID dibentuk oleh pemerintah daerah yang bertugas memantau dan menyiapkan langkah-langkah untuk mengatasi masalah inflasi khususnya di daerah. (C-Adv)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga