adplus-dvertising

Gempa Berkekuatan 7,2 Guncang Kepulauan Nias, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Ones Lawolo, telisik indonesia
Jumat, 14 Mei 2021
3468 dilihat
Gempa Berkekuatan 7,2 Guncang Kepulauan Nias, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami
Ilustrasi pendeteksi gempa. Foto: Repro google.com

" Iya benar terjadi. Barusan saja ini. Warga pun sudah mulai mengungsi dari kediamannya. Menurut keterangan dari BMKG tadi gempa ini tidak berpotensi Tsunami "

MEDAN, TELISIK.ID - Gempa bumi mengguncang wilayah Kepulauan Nias, Sumatera Utara (Sumut). Gempa tersebut terjadi pada Jumat (14/5/2021) sekira pukul 13:15 WIB.

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa terletak pada 7.2 SR Barat Daya dan 146 Km Nias Barat Sumatera Utara (Sumut).

BMKG merinci bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Potensi tsunami itu telah direview oleh seismologist.


Baca Juga: Dinas Kebakaran Tangkap Ular Phyton di Rumah Warga Lepo-Lepo

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nias Barat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Nias Barat, Fakhili Gulo, membenarkan bencana gempa tersebut terjadi di Kepulauan Nias.

"Iya benar terjadi. Barusan saja ini. Warga pun sudah mulai mengungsi dari kediamannya. Menurut keterangan dari BMKG tadi gempa ini tidak berpotensi Tsunami," katanya kepada Telisik.id, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Namun, Fakhili Gulo belum bisa menyampaikan akibat gempa yang berkekuatan 7,2 tersebut. Hanya saja, kata dia, pihaknya bersama warga masih waspada dari bencana tersebut.

Baca Juga: Dewan Kehormatan PBB Akan Bahas Konflik Israel-Palestina Minggu Ini

"Kerugian masih belum bisa disampaikan. Ini masih waspada saja bencana ini. Mudah-mudahan tidak ada korban dari gempa tersebut," pungkasnya. (B)

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga