Gen Z Jadi Penentu Pilkada 2024, KPU Ajak Pemilih Cerdas

Erni Yanti, telisik indonesia
Kamis, 10 Oktober 2024
0 dilihat
Gen Z Jadi Penentu Pilkada 2024, KPU Ajak Pemilih Cerdas
Ketua KPU Kota Kendari Jumwal Saleh (Kanan) Ketua Bawaslu Kota Kendari (tengah) dan pemateri kegiatan. Foto: Erni Yanti/ Telisik

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari menilai bahwa pemilih dari generasi Z (Gen Z) memiliki posisi strategis dalam menentukan hasil Pilkada 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari menilai bahwa pemilih dari generasi Z (Gen Z) memiliki posisi strategis dalam menentukan hasil Pilkada 2024.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh, mengajak para pemilih pemula untuk menjadi bagian dari sejarah dengan berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi. Apalagi, Pilkada 2024 merupakan pilkada serentak pertama yang diadakan di seluruh Indonesia.

"Suara kalian sangat menentukan terpilihnya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan dengan posisi strategis ini," ujar Jumwal.

Baca Juga: Pemilih Pemula di Kendari Didorong Hindari Politik Uang dan Golput

Jumwal juga menyampaikan kepada pemilih Gen Z tentang dasar-dasar dan syarat terlaksananya pilkada, yaitu peran penyelenggara, peserta, dan pemilih.

Saat ini, ada lima pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, yaitu Siska-Sudirman, Yudhi-Nirna, Giona-Subhan, Aksan Jaya Putra-Andi Sololipu, dan Abdul Rasak-Afdal.

Selain berperan sebagai pemilih, generasi muda juga bisa menjadi pemantau pilkada dan agen pemilih berintegritas dengan menyosialisasikan pentingnya memilih secara cerdas dan berintegritas.

"Pemilih Gen Z dapat menjadi pemilih yang cerdas dan rasional dengan menggali rekam jejak pasangan calon serta menilai program-program mereka," kata Jumwal.

Sudirhan, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, SDM, dan Kerjasama, menambahkan pentingnya pendidikan politik bagi pemilih pemula untuk meningkatkan partisipasi generasi muda dalam Pilkada Serentak 2024.

“Pendidikan politik penting bagi pelajar SMA/SMK karena pilkada membutuhkan suara generasi muda untuk memperjuangkan demokrasi. Partisipasi pemilih di Kendari sangat tinggi," jelasnya.

Ia juga menegaskan pentingnya keterlibatan pemilih Gen Z dalam Pilkada untuk kemajuan Kota Kendari. Pemilih diingatkan untuk tidak tergoda oleh politik uang dan menghindari golput pada Pilkada 2024.

Baca Juga: Berawal dari Bolos Sekolah, Picu Aksi Tawuran Antar Pelajar di Kendari

Salah seorang siswa di Kendari, Marhadi, memberikan apresiasi terhadap keterbukaan KPU dalam memberikan pendidikan politik, sehingga Gen Z dapat lebih proaktif dan berpartisipasi.

"Dengan adanya sosialisasi ini, kami, para remaja atau Gen Z, dapat berpartisipasi lebih cerdas dalam menentukan pilihan," ujar Marhadi.

Diketahui, Pemkot Kendari menggelar sosialisasi bagi pemilih pemula menuju pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga