Gerindra dan ASR Kampanye Prokes Hingga Fasilitasi Siswa Belajar

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 15 Juli 2021
0 dilihat
Gerindra dan ASR Kampanye Prokes Hingga Fasilitasi Siswa Belajar
Andi Sumangerukka menyapa relawannya saat berkunjung ke Kabupaten Kolaka beberapa waktu lalu. Foto: Sumarlin/Telisik

" Tak hanya gencar mensosialisasikan taat peraturan pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19, ASR di seluruh kabupaten juga intens melakukan diskusi bersama masyarakat "

KENDARI, TELISIK.ID - Berbagai upaya dilakukan masyarakat membantu pemerintah melawan pandemi COVID-19, salah satunya dilakukan relawan Aku Sahabat Rakyat (ASR) dan Partai Gerindra.

Relwan ASR yang sudah terbentuk di 13 kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan kampanye dan sosialisasi tentang Calon Gubernur Sultra Andi Sumangerukka yang akan bertarung pada Pilkada serentak tahun 2024.

Di sela-sela kegiatan itu para relawan juga mengkampanyekan upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yakni mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker dan menjaga jarak serta tetap berada di rumah.

"Sesuai dengan arahan Ketua Dewan Pembina ASR, Andi Sumangerukka untuk selalu mengkampanyekan taat Prokes. Dan kami telah lakukan beberapa kegiatan terkait itu, salah satunya membagikan masker kepada masyarakat di beberapa titik di Kota Kendari khususnya kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker," kata Ketua ASR Kota Kendari, Alvian Liambo, Kamis (15/7/2021).

Kampanye Ayo Vaksin untuk mendukung program pemerintah juga dilakukan ASR Kolaka, dimana seluruh anggota ASR Kabupaten Kolaka mengikuti vaksin COVID-19 yang dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Kolaka.

"Itu kami lakukan sesuai komitmen Ketua Dewan Pembina kami yaitu Bapak Andi Sumangerukka, untuk selalu mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran wabah virus Corona," kata Ketua Relawan ASR Kabupaten Kolaka, Indrawan Abbas.

Baca Juga: 3 Hari Berturut-turut, Pasien Sembuh COVID-19 di Kendari Bertambah 249 Orang

Tak hanya gencar mensosialisasikan taat peraturan pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19, ASR di seluruh kabupaten juga intens melakukan diskusi bersama masyarakat. Dengan tujuan menampung aspirasi masyarakat dimana aspirasi tersebut nantinya akan menjadi evaluasi ASR untuk menjadi sebuah program nyata ASR.

"Kami banyak diskusi dengan masyarakat khususnya para pelaku usaha, jadi apa yang menjadi keluhan mereka khususnya di masa pandemi ini. Dimana hasil diskusinya akan ditampung dan dievaluasi yang nantinya akan disalurkan melalui program-program ASR," kata Ketua Relawan ASR Konawe, Randi.

"Karena ASR memiliki beberapa program salah satunya memberikan stimulan kepada pelaku usaha di masa pendemi seperti yang dilakukan di beberapa daerah. Jadi dengan hasil diskusi dengan pelaku usaha bisa saja program itu sampai di Konawe," harapnya.

Diskusi santai juga dilakukan oleh ASR kabupaten dan kota bersama para komunitas petani dan nelayan. Seperti yang dilakukan ASR Kabupaten Kolaka Timur dan ASR Bombana, yang intens melakukan diskusi bersama petani untuk menyerap aspirasi para petani yang kemudian akan disingkronkan dengan program ASR ke depan.

Dan untuk diskusi bersama para nelayan, intens dilakukan ASR kabupaten yang berada di wilayah kepulauan seperti ASR Baubau, ASR Buton, ASR Buton Utara, ASR Buton Selatan dan ASR Wakatobi. Dengan tujuan yang sama, untuk menjadi evaluasi program ASR ke depan.

Dimana diketahui ASR adalah sebuah komunitas yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan yang lahir akibat adanya pandemi COVID-19. Dimana dibentuknya ASR oleh Andi Sumangerukka ini akibat banyaknya masyarakat yang mendapatkan dampak negatif dari adanya pendemi virus yang berasal dari negeri Cina itu.

Kegiatan di 13 kabupaten dan kota yaitu Kendari, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Bombana, Baubau, Buton, Buton Selatan, Buton Utara dan Wakatobi,

Baca Juga: Pasien COVID-19 Meningkat, Insentif Nakes RS Bahteramas Belum Jelas Kapan Dibayar

Sementara itu, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Buton mempersilakan para pelajar untuk menggunakan fasilitas yang ada di Kantor DPC untuk belajar online.

"Kita mempersilakan kepada para pelajar yang ingin belajar online dengan menggunakan fasilitas internet kita, secara gratis. Tadi ada dua pelajar yang kehabisan paket data dan datang kemari untuk belajar online,"  ujar Ketua DPC Gerindra Buton, Rahman Pua, Rabu (14/7/2021).

Rahman menjelaskan, dalam situasi pandemi COVID-19 ini, semua pihak harus saling bahu-membahu, khususnya dalam membantu para pelajar yang tengah menghadapi proses belajar secara daring.

"Para pelajar merupakan generasi penerus bangsa ini," katanya. (A-Adv)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga