Gerindra Kaget AHY Tiba-Tiba jadi Menteri ATR, Pertama dalam Sejarah PDIP dan Demokrat Bersatu

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 21 Februari 2024
0 dilihat
Gerindra Kaget AHY Tiba-Tiba jadi Menteri ATR, Pertama dalam Sejarah PDIP dan Demokrat Bersatu
Dua menteri baru di Kabinet Indonesia Maju resmi dilantik Presiden Jokowi. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN dan Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam. Foto: Repro Tempo.co

" Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Hadi Tjahjanto sebagai Menkopolhukam "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dua menteri baru di Kabinet Indonesia Maju resmi dilantik Presiden Joko Widodo. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam).

Pelantikan yang dipimpin Jokowi ini digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2024) pukul 11.00 WIB. Melansir Tempo.co, dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengambil sumpah jabatan menteri yang dilantik.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Sejumlah pejabat turut hadir dalam pelantikan Hadi dan AHY, antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Baca Juga: AHY Dilantik jadi Menteri Besok, Strategi Jokowi Usai Pemilu Mau Temui Cak Imin dan Megawati

Kemudian terlihat, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Budi Arie Setiadi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Menanggapi pelantikan AHY, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengaku justru merasa kaget. Pasalnya dia sama sekali tidak diajak komunikasi, atau setidaknya tidak menerima soal pelantikan putera Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Baca Juga: SBY Dan AHY Bekali Kader di Madiun, Ini Cara Demokrat Menang Pemilu 2024

"Mengagetkan, karena kami belum pernah tahu sebelumnya," kata Muzani dilansir dari Tribunnews.com.

Bila menilik ke belakang, AHY jadi dilantik sebagai Menteri ATR hari ini, menjadi sejarah baru dalam percaturan politik negeri ini. Pertama kalinya dalam sejarah, Partai Demokrat dan PDIP berada dalam satu kubu Pemerintahan Presiden Jokowi. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga