Giat Edukasi Sapa Pesisir Sukses Digelar di Konawe, Ratusan Siswa Antusias

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 02 Oktober 2023
0 dilihat
Giat Edukasi Sapa Pesisir Sukses Digelar di Konawe, Ratusan Siswa Antusias
Ratusan siswa SD/MI berpartisipasi salam kegiatan sapa pesisir. Foto: Ist.

" Dalam rangka terus memberikan manfaat positif di dunia pendidikan, Kawan Inspirasi menggandeng Jasa Raharja dan sejumlah instansi lainnya dalam penyelenggaran acara sapa pesisir "

KONAWE, TELISIK.ID - Dalam rangka terus memberikan manfaat positif di dunia pendidikan, Kawan Inspirasi menggandeng Jasa Raharja dan sejumlah instansi lainnya dalam penyelenggaran acara sapa pesisir.

Acara ini berlangsung selama 2 hari satu malam di Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe. Sapa pesisir merupakan acara yang berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan siswa dan siswi di daerah pesisir.

Dalam penyelenggaraannya, acara ini juga menghadirkan inspirator yang berasal dari berbagai latar belakang profesi untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada anak-anak. Acara ini diikuti oleh 572 orang dari 8 sekolah di Kecamatan Lalonggasumeeto yakni SDN 1 Lalonggasumeeto, SDN 2 Lalonggasumeeto, SDN 3 Lalonggasumeeto, SD Rapambinopaka, SDN Lalombonda, SD 1 Nii Tanasa, dan Mi Hubbul Wathan dengan berbagai rangkian kegiatan seperti ruang inspirasi, ruang edukatif, ruang diskusi, ruang interaksi, ruang eskpresi, dan ruang kompetisi.

Baca Juga: Kepala UPT DP3A Konawe Selatan Bantah Dugaan Pemerkosaan Kepala Desa Ambakumina

Dalam pembukaan yang dihadiri oleh Koordinator Pegawas Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe, Kepala Unit Operasional dan Humas serta Kepala Unit Keuangan Akuntansi dan TJSL PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tenggara.

Kegiatan sapa pesisir oleh Kawan Inspirasi Kendari di Kecamatan Lalonggasumeeto. Foto: Ist.

 

Ketua Panitia, Nurdin menyatakan, kegiatan sapa pesisir merupakan kegiatan positif yang dapat menjadi wadah inspirasi bagi siswa dan siswi yang berada di daerah pesisir.

Kegiatan ini didukung oleh berbagai pihak salah satunya Jasa Raharja yang memberi support dan antusias yang tinggi pada penyelenggaan acara. Dengan dukungan semua pihak, acara ini berjalan dengan baik dan diharapkan melalui kegiatan sapa pesisir dapat menumbuhkan pemahaman dan semangat siswa dan sisiwi untuk terus belajar dengan baik dan menggapai cita-citanya.

Ada beragam sesi ruang dalam kegiatan tersebut, seperti ruang inspirasi, yaitu kegiatan yang mengundang para relawan maupun inspirator untuk berbagi cerita tentang profesinya, hal ini akan memberi anak-anak pengetahuan tentang beragam profesi, sehingga mereka dapat inspirasi cita-cita yang ingin dicapainya kelak.

Tak hanya bagi siswa, guru-guru di SD/MI yang berpartisipasi juga diajak berdiskusi meningkatkan keahlian untuk membimbing dan mendorong siswanya untuk menggapai cita-citanya di ruang diskusi.

Selain itu, ada juga ruang edukasi. Ruang ini dikemas dengan menarik dalam edu camp (perkemahan Sabtu-Minggu). ada posko-posko yang berisi paparan fenomena yang berkorelasi dengan pelajaran di sekolah.

Dalam ruang edukasi juga dilakukan berbagai kegiatan menarik dan menambah wasasan, seperti pilah sampah, keselamatan berlalu lintas dan edukasi kekerasa seksual pada anak.

Baca Juga: Pria di Konawe Selatan Tega Bunuh Ibu Kandung Hanya karena Tak Disiapkan Makan Siang

Terakhir, ada ruang interaksi. ada sekelompok orang atau relawan yang berbagi pengetahuan dengan masyarakat. masyarakat dapat edukasi tentang aspek sosial dan lingkungan yang berada di sekitarnya.

Dilansir dari InstagramInstagram @KI_Kendari, Kawan Inspirasi sendiri sudah banyak melakukan kegiatan edukasi di masyarakat terutama untuk anak-anak usia produktif.

Selain sapa pesisir, kegiatan edukasi lain juga dilakukan seperti sapa pulau, sapa desa dan aksara atau inspirasi karir anak Indonesia.

Semua kegiatan ini sejalan dengan visi yang dibangun kawan inspirasi sejak awal berdirinya, yaitu menjadi wadah bagi sukarelawan untuk turut serta berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sulawesi Tenggara. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga