Gubernur Ali Mazi Puji Keindahan Pantai Lahonduru di Buton

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Kamis, 03 Februari 2022
0 dilihat
Gubernur Ali Mazi Puji Keindahan Pantai Lahonduru di Buton
Kunjungan Ali Mazi di pantai Lahonduru Wasuemba. Foto : Risman/telisik

" Lahonduru bukan daerah baru bagi dia, karena teman semasa remaja ada yang berasal dari Desa Wasuemba "

BUTON,TELISIK.ID – Gubernur Sultra, Ali Mazi didampingi Bupati Buton, La Bakry melakukan kunjungan di Pantai Lahonduru Desa Wasuemba Kecamatan Wabula Kabupaten Buton.

Ali Mazi mengapresiasi antusias masyarakat Desa Wasuemba yang telah menyambut kedatangannya dan memuji keindahan Pantai Lahonduru. Bahkan, ia sudah mengetahui sejak masa remaja.

“Saya teringat masa kecil dulu kalau gubernur datang di Pasarwajo kita menjemput, pegang bendera. Saya juga ketawa tadi, makanya saya lambaikan tangan untuk anak-anak sekolah. Terima kasih,” kata Ali Mazi dalam sambutannya di Pantai Lahonduru, Kamis (3/2/2022).

Menurut Ali Mazi, Lahonduru bukan daerah baru bagi dia, karena teman semasa remaja ada yang berasal dari Desa Wasuemba.

“Jadi saya tau betul keindahannya dan kalau dikelola dengan baik akan sama dengan Bali,” katanya.

Ketua DPW NasDem Sultra itu bercerita terkait kunjungannya di Pantai Lahonduru. Jika tidak didatangi pemerintah desa maka ia tak akan bisa sampai di Wasuemba.

“Ini yang cerdas kepala desanya, memanfaatkan peluang. Ini kerja Gubernur. Kalau dia tidak temui saya di Rujab Bupati Buton, pasti tidak akan kesini,” kata dia.

Bukan hanya pantai, lanjut Ali Mazi, berharap agar di sekitar Pantai Lahonduru bisa dibangun vila atau penginapan maka setiap kunjungan turis bisa menikmati keindahan sekitar pantai lebih lama.

“Jadi saya minta kepada Camat, Bupati untuk dikembangkan ini (Pantai Lahonduru, red),” tuturnya.

Dalam kunjungannya, Ali Mazi selalu membawa rombongan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar bisa memberikan arahan secara langsung untuk mewujudkan pembangunan yang diharapkan masyarakat.

Olehnya itu, Ali Mazi memerintahkan OPD terkait yakni kepala Dinas Pariwisata Sultra agar mengalokasikan anggaran untuk pembangunan kawasan pantai Lahonduru.

“Jadi saya minta kepada kepala dinas pariwisata untuk dianggarkan,” kata Ali Mazi disambut ceria masyarakat Wasuemba.

Bukan hanya itu, putra daerah Kabupaten Buton ini juga menginstruksikan kepada Direktur Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sultra untuk mengalokasikan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk peningkatan perekonomian di kawasan pantai Lahonduru.

“Saya juga minta kepada direktur BPD untuk dibantu dengan dana CSR,” jelasnya.

Baca Juga: DPMD Konsel dalam Upaya Pencegahan Salah Pengelolaan Dana Desa

Ali Mazi memastikan sebagai putra daerah maka alokasi anggaran untuk pembangunan kawasan Pantai Lahonduru akan bisa direalisasikan.

“Karena yang menentukan anggaran ya, adalah saya (Ali Mazi) gubernur putra daerah Buton,” jelas Ali Mazi.

“Jadi ini harus dimanfaatkan dengan baik dan jika tidak dimanfaatkan ini maka tidak akan berguna,” sambungnya.

Ia menambahkan pentingnya pengembangan pariwisata dan memberikan semangat kepada masyarakat dengan mencontohkan pariwisata di Provinsi Bali.

Baca Juga: Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif Sultra Beragam Namun Belum Dikelola Optimal

“Bali itu tahun 60-an itu tidak ada apa-apanya tapi karena pada tahun 80-an Pak Harto membangun Akademi Pariwisata maka maju terkenal. Maka saya berdiri disini, berpidato di pantai Lahonduru Wasuemba mungkin bisa maju kedepan seperti Bali,” katanya.

Terakhir melihat antusias masyarakat pada kunjungannya, Ali Mazi mengingatkan untuk terus patuhi protokol kesehatan. Meskipun hampir seluruh kabupaten/kota di Sultra penyembaran COVID-19 telah menurun.

“Walaupun hampir seluruh kabupaten/kota sudah tidak ada Corona tapi ada varian baru yakni Omicron jadi tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” ujar Ali Mazi. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga