Gubernur Ali Mazi Ungkap 4 Isu Utama Inflasi di Sultra

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 26 April 2022
0 dilihat
Gubernur Ali Mazi Ungkap 4 Isu Utama Inflasi di Sultra
Gubernur Ali Mazi memberikan pidatonya membahas empat Isu utama Inflasi di Sultra. Foto: Ist.

" Terdapat empat isu strategis inflasi di Sultra yang memiliki potensi permasalahan yang akan dihadapi di masa mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, memaparkan empat isu utama yang berpotensi menjadi permasalahan terkait inflasi di Sultra.

Hal itu dikemukakan gubernur saat membuka acara High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Sultra, Senin (25/4/2022).

Acara ini digelar dalam rangka memperkuat strategi TPID se-Sultra dengan tema Strategi Pengendalian Inflasi Sulawesi Tenggara.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kendari, Doni Septadi Jaya hadir dalam kesempatan itu bersama dengan Satgas Pangan Pemprov Sultra dan sejumlah kepala OPD serta pimpinan instansi vertikal.

Terdapat empat isu strategis inflasi di Sultra yang memiliki potensi permasalahan yang akan dihadapi di masa mendatang. Pertama, perkembangan subtitusi minyak goreng sawit dengan minyak goreng kelapa dalam, terkait kebijakan pengendalian harga.

Baca Juga: Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Sultra Triwulan I Capai Rp 111 Miliar

Kedua, kelangkaan pasokan dan tingginya harga barang kebutuhan, yang sering terjadi menjelang hari besar keagamaan (Idul Fitri). Ketiga, kondisi cuaca ekstrem yang mempengaruhi jumlah produksi beberapa komoditas. Keempat, panjangnya rantai pasok distribusi komoditas.

Gubernur juga mengapresiasi jajaran TPID Sultra dalam mengendalikan inflasi sehingga inflasi di Sultra relatif terkendali. Sejauh ini, hingga bulan Maret 2022, inflasi tercatat sebesar 0,17 persen.

"Meskipun masih relatif rendah dan terkendali, tetapi tantangan inflasi ke depan tidaklah mudah. Proyeksi inflasi keseluruhan tahun 2022 ini diperkirakan akan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni 3,67 persen," kata Ali Mazi dalam rilisnya, Senin (25/4/2022).

Meskipun demikian, angka inflasi tersebut masih berada pada range sasaran inflasi nasional sebesar 3,01 persen.

“Untuk itu, sinergi kita semua, baik antara pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten/kota), maupun antar sesama OPD dan instansi vertikal yang tergabung dalam keanggotaan TPID Sultra harus terus diperkuat dalam rangka pengendalian inflasi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, inflasi yang rendah dan stabil dapat menjaga daya beli masyarakat serta mengurangi tingkat kemiskinan dan ketimpangan serta mendukung laju pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Ali Mazi memandang bahwa High Level Meeting TPID Sultra kali ini memiliki peran strategis dalam tataran kebijakan pengendalian inflasi dan selanjutnya diharapkan dapat menghasilkan kebijakan yang mampu meningkatkan kualitas pengendalian inflasi daerah.

"Inflasi yang terjadi di Sultra cenderung bergejolak terutama dipengaruhi oleh sisi suplai (penawaran) yang berkenaan dengan gangguan produksi dan kelancaran distribusi," katanya.

Baca Juga: Kembangkan Budidaya Tanaman Jambu, Pemuda Ini Raih Omzet Menggiurkan

Adapun komoditas yang sampai saat ini masih memberikan kontribusi besar untuk peningkatan inflasi di Sultra adalah komoditas ikan segar, sayuran, daging sapi, bawang, dan minyak goreng.

Tekanan inflasi komoditas tersebut disebabkan terutama oleh keterbatasan pasokan akibat kondisi cuaca, pola produksi tahunan, terhambatnya distribusi dari daerah pemasok, baik antara kabupaten/kota di Sultra ataupun dari luar Sultra akibat kondisi surplus/defisit yang tidak merata.

Mengatasi hal tersebut, sejak tahun 2019 Pemprov Sultra bersama Bank Indonesia Perwakilan Sultra, telah menginisiasi penandatangan kesepakatan bersama antar pemerintah kabupaten/kota se-Sultra.

Kesepakatan tersebut telah diimplementasikan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) antar daerah, mulai tahun 2021 sampai dengan awal tahun 2022. PKS tersebut yaitu antara Pemkot Kendari dan Pemkab Muna pada komoditas sapi potong.

Pemkot Kendari dan Pemkot Baubau pada komoditas ikan. Kemudian, Pemkot Kendari dan Pemkab Konsel pada komoditas sayuran. Selain itu, Pemprov Sultra juga telah mengeluarkan Surat Edaran Gubernur Nomor: 511.1/1237 tanggal 9 Maret 2022 kepada bupati/wali kota se-Sultra untuk menggerakkan kelompok/komunitas di Sultra.

Kelompok atau komunitas tersebut antara lain, Tim Penggerak PKK, KNPI, dan organisasi kepemudaan lainnya, Kadin, HIPMI, sekolah-sekolah, dan UMKM untuk memanfaatkan potensi komoditas kelapa dalam sebagai bahan subtitusi minyak goreng sawit.

Melihat perkembangan inflasi terkini dan tantangan ke depan, serta berdasarkan hasil rekomendasi Rapat Koordinasi Wilayah Tim Pengendalian Daerah Sulawesi, Maluku, dan Papua (Rakorwil TPID Sulampua 2022) pada tanggal 25 Maret 2022 di Provinsi Sulawesi Selatan, terdapat prioritas langkah pengendalian inflasi yang perlu segera dilaksanakan bersama.

Pertama, penguatan Kerja Sama Antar Daerah (KAD), terutama untuk komoditas potensial yang memberikan andil pemicu inflasi. Kedua, menyiapkan data pendukung/neraca pangan bulanan daerah.

Ketiga, mendorong peran keterlibatan BUMD selaku agregrator kerja sama antar daerah. Keempat, penguatan sinergitas berpola koordinasi dan kolaborasi kebijakan dalam upaya mengendalikan inflasi, berdasarkan Strategi 4K (memastikan ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif) tetap terjaga pada seluruh kabupaten/kota di Sultra. (C)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga