Habib Rizieq Ditahan Bawah Tanah, Mabes Polri: Semua Tahanan Sama

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Senin, 15 November 2021
0 dilihat
Habib Rizieq Ditahan Bawah Tanah, Mabes Polri: Semua Tahanan Sama
Habib Rizieq Shihab saat menjalani masa tahanan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya. Foto: Repro sindonews.com

" Ramai di media sosial, video yang menyebutkan bahwa Habib Rizieq Shihab (HRS) ditahan dalam ruangan bawah tanah di Rutan Bareskrim Polri, tanpa ada akses sinar matahari "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ramai di media sosial, video yang menyebutkan bahwa Habib Rizieq Shihab (HRS) ditahan dalam ruangan bawah tanah di Rutan Bareskrim Polri, tanpa ada akses sinar matahari.

Menanggapi hal itu, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan membantah informasi disampaikan video yang beredar tersebut.

Ia memastikan tahanan yang ditempatkan eks Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) dalam kondisi yang layak.

“Jadi pada prinsipnya bahwa Polri menghargai HAM. Tentu walau statusnya tersangka, tentu tidak ada perlakuan seperti itu. Ini saya luruskan. Jadi kalau penjelasan di bawah tanah, nanti orang punya persepsi di bawah tanah,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (15/11/2021).

Baca Juga: Ada Drama di Gerindra, Prabowo Tegur Fadli Zon karena Jokowi

Ramadhan meluruskan bawah tanah itu adalah basement. Walau di basement, dia menyebut tempatnya sangat layak. Sama seperti ruang basement di Divisi Humas Polri.

“Sudah diukur standar kesehatannya. Jadi, pengertian di bawah tanah itu jangan timbulkan konotasi di dalam tanah. Jadi posisinya basement bangunan memang seperti itu, tetapi kondisinya tetap ada ruang AC (pendingin ruangan),” ujar Ramadhan.

Ramadhan bercerita, dulu pernah beredar foto Habib Rizieq sedang makan dan melaksanakan ibadah di Rutan Bareskrim. Selain itu, jika sakit pun semua tahanan akan diberikan pengobatan.

“Semua perlakukan sama, dapat perlindungan, hak terima makan, hak kesehatan, hak ibadah. Bila sakit diperlakukan sama. Pada prinsipnya tidak ada perbedaan, tidak ada diskriminasi satu tahanan dengan tahanan lain,” jelasnya.

Sementara itu, Ramadhan enggan menjawab soal Rizieq tidak melihat matahari selama ditahan.

Ia pun mempersilakan menanyakan ke Kepala Bagian Tahanan dan Barang Bukti (Kabag Tahti).

“Kalau teknis itu ditanya ke Kabag Tahti,” kata dia.

Sebelumnya, dalam video yang beredar itu, pria yang diduga Haikal Hassan menyatakan Rizieq Shihab ditahan di ruangan tanpa sinar matahari di bawah tanah selama 9 bulan terakhir.

“HRS udah hampir 9 bulan dia belum liat matahari karena di bawah tanah. Di bawah tanah, gak ada salahnya. Jahat banget ya Allah. 9 bulan orang gak lihat matahari gimana coba,” kata pria yang diduga Haikal Hassan seperti video yang beredar, pada Senin (15/11/2021).

Baca Juga: HUT ke-76 Brimob, Kapolri Jenguk Anggota yang Tertembak saat Bertugas

Dalam kesempatan itu, dia menyatakan Rizieq Shihab sempat menitipkan pesan kepada umat.

“Beliau bilang jangan takut andai kata saya terbunuh, demi Allah bangkitkan lagi 1.000 Habib yang akan lanjutkan perjuangan ini. Pasti akan Allah bangkitkan ulama-ulama yang melanjutkan perjuangan,” katanya. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga