adplus-dvertising

Habiskan Masa Kecil dan Remaja di Kendari, Welin Kusuma Bagi Tips Miliki 40 Gelar Akademik

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Senin, 21 Maret 2022
1557 dilihat
Habiskan Masa Kecil dan Remaja di Kendari, Welin Kusuma Bagi Tips Miliki 40 Gelar Akademik
Welin Kusuma di kawasan Eks MTQ Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Foto: Ist.

" 40 gelar yang dimilikinya terdiri dari 12 gelar sarjana (S1), 3 gelar magister (S2) dan 25 gelar profesi "

KENDARI, TELISIK.ID - Welin Kusuma adalah anak seorang wiraswasta di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Pada tahun 2012 lalu, Museum Rekor Indonesia (MURI) menobatkan dirinya sebagai peraih gelar akademik multidisiplin terbanyak.

Saat itu, ia masih memiliki 32 gelar akademik, namun gelar yang diperolehnya semakin banyak dan pada tahun 2022 ini ia telah mengantongi 40 gelar akademik.

Di mana, 40 gelar itu terdiri dari 12 gelar sarjana (S1), 3 gelar magister (S2) dan 25 gelar profesi. Semua itu ia peroleh hampir dari segala jurusan di perkuliahan yang ia pelajari dan selesaikan, mulai dari hukum, ekonomi, sampai sastra.


Saat dihubungi Telisik.id, Welin dengan lugas membagikan tips dan trik, sehingga dirinya bisa menyelesaikan berbagai macam program studi di bangku kuliah.

Ia mengungkapkan, semuanya bisa terselesaikan karena sejak SD dia sudah gemar belajar, serta selain bersekolah, ia juga mengambil berbagai macam kursus.

"Seperti Mengetik Sistem 10 Jari, WordStar, Lotus 123, Dbase III Plus, Bahasa Inggris, dan Akuntansi sehingga saya sudah terlatih dalam membagi waktu," sebutnya saat dihubungi via WhatsApp.

Kemudian pada saat menginjak bangku kuliah, dirinya membuat simulasi dan membuat jadwal detail aktivitas selama satu semester terlebih dahulu, sesuai dengan kemampuannya.

"Tips lainnya saya memiliki sifat pantang menyerah, sehingga walaupun waktu terbatas untuk melaksanakan berbagai aktivitas tetapi tetap dapat lulus untuk semua jurusan yang saya ambil," bebernya.

Baca Juga: Yuk Kenal Ramzan Kadyrov, Presiden Chechnya yang Bantu Rusia Invasi Ukraina

Pria kelahiran Makassar 8 Maret 1981 ini, selain sebagai pemilik rekor gelar multidisiplin terbanyak, Ia juga pemegang rekor MURI, Sistem Kredit Semester (SKS) terbanyak dengan total 111 SKS.

Saat ini Welin berdomisili di Kota Surabaya dan tengah sibuk melanjutkan studi S1 Ilmu Perpustakaan di Universitas Terbuka (UT) Surabaya. Ia juga menyampaikan bahwa orang tua dan keluarga lainnya masih tinggal di Kota Kendari, tepatnya di kawasan Kota Lama.

Baca Juga: Jabat Kepala Otorita IKN, Ini Profil Bambang Susantono

"Saya orang Kendari, orang tua sama keluarga lain tinggal di sana, saya cuma numpang lahir di Makassar," ucapnya.

Ia mengenyam pendidikan di Taman Kanak-Kanak Kuncup Mekar (1985 – 1987), SD Katolik Pelangi (1987-993), SMP Frater Kendari (1993-1996), dan SMAN 1 Kendari (1996-1999).

Walau telah memiliki 40 gelar akademik, Welin belum memikirkan untuk berhenti belajar dan menuntut ilmu.

Untuk diketahui, biografi Welin telah tersedia di Wikipedia. Serta akun media sosial Instagramnya (@welinkusuma) telah terverifikasi dengan centang biru. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga