Hanya Bertahan Sejam, Buruh yang Hendak Demo DPR RI Bubarkan Diri

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Kamis, 08 Oktober 2020
0 dilihat
Hanya Bertahan Sejam, Buruh yang Hendak Demo DPR RI Bubarkan Diri
Massa buruh dari Bekasi dihadang oleh Polisi di Bawah Flyover dekat Gedung DPR RI. Foto: Rahmat Tunny/Telisik

" Kami gabungan buruh dari DPC PUK Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi menolak Omnibus Law, karena merugikan buruh. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ribuan buruh yang tergabung dalam PUK Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi menggelar aksi demonstrasi penolakan pengesahan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja Omnibus Law di kawasan DPR RI pada, Kamis (8/10/2020).

Ribuan buruh itu tiba sekira pukul 11:40 WIB, namun tidak berhasil sampai di depan Gedung DPR RI. Aparat Kepolisian dari Polda Metro dan Anggota TNI menghadang massa tepat di bawah Flyover dekat DPR. Massa demo diarahkan ke depan pintu masuk Gelora Bung Karno (GBK).

"Kami gabungan buruh dari DPC PUK Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi menolak Omnibus Law, karena merugikan buruh," kata Nn di lokasi aksi.

Buruh dari Kabupaten Bekasi ini mengaku heran dengan DPR yang mengesahkan UU di malam hari. Padahal, ada waktu siang untuk mengesahkannya.

"Kalau gak masalah kenapa malam disahkan, baiknya disahkan siang atau pagi," ucapnya.

Baca juga: Demo di Istana Bentrok, Pos Polisi Depan Monas Dibakar Massa

Sementara itu, Kapolsek Metro Tanah Abang, Kompol R. Muhammad Jauhari, menyarankan agar massa demo mematuhi aturan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Demi kesehatan kita semua dan keluarga rekan semua, mohon dapat mentaati apa yang dianjurkan Pemerintah, kami imbau dan minta tolong demi kesehatan kita semua bisa meninggalkan lokasi ini, jangan sampai klaster baru," kata Kompol Jauhari kepada massa demo.

Kompol Jauhari juga mengintruksikan aparat Kepolisian untuk mengawal massa demo meninggalkan lokasi. Dirinya juga mengaku pihaknya sangat melindungi dan melayani masyarakat.

"Silahkan meninggalkan lokasi ini nanti dikawal, tidak ada maksud lain, di massa PSBB dilarang berkerumun, kita sangat melayani penuh ke masyarakat," tutupnya.

Massa demo yang tiba di kawasan DPR pukul 11:40 WIB itu langsung membubarkan diri pukul 12:50 WIB dengan pengawalan ketat dari aparat Kepolisian. Kompol Jauhari sendiri ikut mengawal massa demo untuk kembali ke Bekasi. (B)

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga