Hanya Satu Nama, Kader PAN Diusul Jadi Ketua DPD Gerindra Sultra

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Jumat, 17 Juli 2020
0 dilihat
Hanya Satu Nama, Kader PAN Diusul Jadi Ketua DPD Gerindra Sultra
Siska Karina Imran. Foto: Repro Google.com

" Sampai sekarang Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra belum menunjuk pengganti, baik sebagai Pelaksana Tugas maupun ketua yang definitif. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mengusulkan Wakil Wali Kota Kendari, dr. Siska Karina Imran untuk menggantikan Imran sebagai Ketua DPD Gerindra Sultra.

Siska Karina sendiri adalah anak dari mendiang Imran yang saat ini tercatat sebagai pengurus DPD PAN Kota Kendari.

DPD Gerindra Sultra diketahui hanya mengusulkan satu nama calon Ketua DPD ke DPP Gerindra di Jakarta. Meski sebelumnya, dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada 4 Juni 2020 lalu, Gerindra Sultra sudah menyampaikan beberapa nama yang menjadi pertimbangan untuk mengisi kekosongan itu.

“Sampai sekarang Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra belum menunjuk pengganti, baik sebagai Pelaksana Tugas maupun ketua yang definitif,” bunyi surat usulan yang diterima Telisik.id pada, Jumat (17/7/2020).

Nama Siska tertuang dalam surat usulan Gerindra Sultra bernomor 2900-216/06/DPD-GERINDRA/2020 tertanggal 15 Juni 2020 perihal Usulan Calon Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Sulawesi Tenggara. Surat usulan tersebut ditandatangani oleh Wakil Ketua Gerindra Sultra, Muhlis dan Sekretaris Safarullah.

Baca juga: RUU HIP Ditolak Publik, Kini Pemerintah Sodorkan RUU BPIP ke DPR

“Untuk dipertimbangkan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Sulawesi Tenggara, sebagaimana yang telah kami sampaikan pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra, tanggal 4 Juni 2020,” bunyi surat tersebut.

Surat yang ditembuskan kepada Ketua Badan Seleksi Organisasi (BSO) Partai Gerindra dan Ketua Badan Pengawas dan Disiplin Partai Gerindra di Jakarta itu sudah diterima DPP Gerindra pada Rabu 15 Juli 2020. Hal itu dibuktikan dengan surat tanda terima dan ditandantangai oleh Sri selaku penerima, dan Abdu selaku yang menyerahkan usulan tersebut.

Saat ini Siska juga masih menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah di DPD PAN Kota Kendari. Selain itu, ia juga pernah menjadi Ketua Bidang Kesehatan DPD KNPI Sultra tahun 2016-2019. Organisasi lainnya adalah sebagai pengurus di BKMT Kota Kendari tahun 2017- sekarang.

Sekedar diketahui, Siska yang memiliki latar belakang tenaga medis itu menjabat Wakil Wali Kota Kendari setelah sang suami Adriatma Dwi Putra ditangkap KPK karena kasus suap. Setelah divonis bersalah, jabatan Wali Kota Kendari selanjutnya dijabat oleh Sulkarnain yang merupakan wakil dari Adriatma Dwi Putra.

Karena kekosongan wakil, partai-partai pengusung kemudian mengusul dua nama sebagai calon Wakil Wali Kota Kendari yakni, Siska dan Adi Jaya Putra. Hasil pemilihan di DPRD Kota Kendari, Siska terpilih dengan perolehan 19 suara, sementara Adi Jaya Putra hanya mengantongi 16 suara dari total 35 suara. Pelantikan Siska sebagai Wakil Wali Kota Kendari kemudian digelar pada 6 Mei 2020 oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga