Harga Beras di Bombana Naik, Kadis Pertanian: Pasar Harus Disidak

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 16 Februari 2023
0 dilihat
Harga Beras di Bombana Naik, Kadis Pertanian: Pasar Harus Disidak
Komoditas beras mengalami kenaikan harga di Kabupaten Bombana. Foto: Hir Abriato/Telisik

" Harga beras di Kabupaten Bombana alami kenaikan. Kenaikan harga dinilai perlu dilakukan sidak untuk memastikan penyebabnya "

BOMBANA, TELISIK.ID - Harga beras di Kabupaten Bombana alami kenaikan. Kenaikan harga dinilai perlu dilakukan sidak untuk memastikan penyebabnya.

seperti dikatakan, Kepala Dinas Perindag Bombana Asis Fair, Melalui Bidang Perdagangan, Hajar saat dikonfirmasi menyebutkan harga beras jenis medium di Bombana mencapai harga Rp 12.000 perkilo gram. Hal ini terjadi sejak Desember Tahun 2022 lalu.

"Harganya mencapi Rp 12.000 Perkilo gram untuk jenis medium," ucapnya, Kamis (16/2/2023).

Baca Juga: OPD Bombana Diperintahkan Buka Lahan Satu Hektare untuk Kebun Hortikultura

Baca Juga: Tenaga Kerja Perusahaan di Bombana Tes Urin, Ini Hasilnya

Selai beras, Jenis sembako lainnya juga masih terjadi kenaikan, seperti cabe rawit dan bawang putih.

Menanggapi kenaikan harga beras di Bombana, Kepala Dinas Pertanian Bombana menilai perlu dilakuka  sidag dipasar-pasar untuk menghindari adanya tindakan memainkan harga pasar memanfaatkan situasi seperti kenaikan BBM dan adanya isu inflasi atau karena cuaca mengingat pemerintah telah memberikan subsidi yang sangat besar terhadap para petani seperti pupuk bahkan bantuan alat tanam lainnya.

"ini sebenarnya harus disidak, karena dari hasil koordinasi kita dengan bulog untuk stok beras masih sangat terjaga bahkan masih banyak apalagi Bombana ini dikenal sebagai daerah dengan lahan persawan yang sangat luas," ucap Muhammad Siarah, Kepala Dinas Pertanian Bombana.

Siarah menyebutkan, Lahan tanam persawahan di Kabupaten Bombana selaus 13.289 hektar yang didukung dengan 90 buah mesin penggiling, 10 buah mesin berskala besar. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga