Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil Jelang Ramadan

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Rabu, 22 Maret 2023
0 dilihat
Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil Jelang Ramadan
Masyarakat ketika sedang berbelanja kebutuhan pokok di pasar Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Sejumlah harga bahan pokok di pasar Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang dan Pasar Simpang Limun, Medan relatif stabil menjelang bulan suci Ramadan 1444 Hijiriah "

MEDAN, TELISIK.ID - Sejumlah harga bahan pokok di pasar Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang dan Pasar Simpang Limun, Medan relatif stabil menjelang bulan suci Ramadan 1444 Hijiriah, Rabu (22/3/2023).

Selain relatif stabil, sejumlah kebutuhan pokok itu juga banyak beredar di pasar. Sehingga, masyarakat tidak cemas ketika berbelanja untuk kebutuhan selama bulan suci ramadan.

Seorang pedagang di pasar Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang bernama I Boru Hutajulu mengaku harga bawang merah, cabai dan tomat relatif stabil.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Timur Raih Peringkat III Pencegahan Stunting

"Untuk cabai merah Rp 22 ribu 1 kilo gram (Kg), tomat Rp 7 ribu dan bawang merah Rp 24 ribu. Harga ini masih stabil," katanya.

Selain itu, pasokan barang yang ada juga cukup banyak. Jadi, hampir seluruh pedagang menjual dengan harga yang sudah menjadi acuan.

"Harga sudah ditentukan, sudah ada acuan harganya. Ada juga yang jual di bawah harga yang sudah ditentukan. Jika menjual di atas harga yang ditentukan, itu tidak boleh," tambahnya.

Sedangkan pedagang di pasar Simpang Limun Medan, L Boru Hutabarat mengaku harga komoditas pangan cukup relatif. Lebih murah dari sebelumnya.

"Cabai merah semalam (Selasa) mencapai Rp 32 ribu, sekarang Rp 24 ribu harga tertinggi di sini," katanya.

Selain itu, pasokan kebutuhan bahan pokok juga mencukupi di pasar Simpang Limun ini. Hampir seluruh barang dipasok dari pasar MMTC Medan.

"Iya, kami pedagang ini sangat berharap kebutuhan pokok mencukupi tidak langkah dan harga relatif," terangnya.

Terpisah, seorang ibu rumah tangga, Ulpi ketika ditemui di pasar Tanjung Morawa mengaku sangat bersyukur dengan harga yang relatif stabil itu.

Baca Juga: Dugaan Penyelewengan Dana Desa di Nusa Tenggara Timur Nyaris Setengah Miliar Rupiah

"Iya, Alhamdulillah sangat bersyukur. Karena seluruh kebutuhan pokok tersedia dan harga relatif stabil. Bahkan lebih murah dari hari sebelumnya," kata wanita berusia 34 tahun ini.

Selain itu, harga sayuran yang masih segar juga relatif murah. Tidak seperti tahun sebelumnya, kebutuhan pokok relatif lebih mahal.

"Iya biasanya kan harga mahal, tapi hari ini saya perhatikan harga relatif murah. Mudah-mudahan harga stabil ini bisa terus berlanjut sampai memasuki hari raya Idul Fitri 1444 Hijiriah mendatang," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga