Harga Sewa Motor Pembalap MotoGP Fantastis, Capai Puluhan Miliar

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 16 Oktober 2023
0 dilihat
Harga Sewa Motor Pembalap MotoGP Fantastis, Capai Puluhan Miliar
Ada alasan kenapa motor MotoGP harganya sangat mahal. Motor MotoGP menggunakan mesin prototipe yang dibuat khusus dengan teknologi yang paling terbaru di dunia industri motor Foto: Idntimes.com

" Untuk motor MotoGP tim pabrikan seperti yang dimiliki Repsol Honda yaitu RC213V, harganya sekitar 3 juta Euro yang kalau dikonversi berarti sekitar Rp 48,6 miliar "

KENDARI, TELISIK.ID – Saat melihat pertandingan MotoGP, mungkin kita akan berpikir bagaimana motor para pebalap bisa secepat itu. Kecepatan MotoGP bisa melesat lebih dari 300 KPJ alias kilometer per jam.

Belum lagi saat ada aksi overtaking atau ketika ada pembalap yang mengalami kecelakaan di trek. Terbayang betapa ngerinya. Apalagi jika tahu berapa harga satu unit MotoGP yang sangat fantastis.

Berikut beberapa fakta tentang harga MotoGP dan biaya perbaikannya, dilansir dari Idntimes.com dan Motorplus-onilne.com.

1. Harga motor MotoGP sangat fantastis

Mengutip dari Boxrepsol.com, harga untuk satu unit motor MotoGP itu sangat luar biasa tinggi. Untuk motor MotoGP tim pabrikan seperti yang dimiliki Repsol Honda yaitu RC213V harganya sekitar 3 juta Euro yang kalau dikonversi berarti sekitar Rp 48,6 miliar.

Baca Juga: Jelang MotoGP, 19 Kontainer Logistik Tiba di Mandalika

Sementara untuk tim satelit yang pengin ikut berlaga di ajang MotoGP, bisa menyewa motor itu dengan harga 2 juta Euro per musim dan per pembalap. Artinya untuk menyewa satu motor MotoGP balapan dalam satu musim harus menyiapkan dana sekitar Rp 32,4 miliar.

2. Biaya perbaikan motor MotoGP yang mengalami crash

Dengan harga motor yang sangat mahal itu, sudah tentu biaya perbaikannya kalau sampai mengalami kerusakan juga gak main-main. Misalnya seorang pembalap MotoGP mengalami kecelakaan ringan dan motornya mengalami kerusakaan di satu sisi saja, biaya perbaikannya tembus 15 sampai 20 ribu Euro (Rp 243-Rp 324 juta).

Itu digunakan untuk mengganti cover body, tuas rem atau kopling, pijakan kaki, atau bagian lain yang mengalami kerusakan. Tetapi bagian termahal untuk diperbaiki adalah ketika bagian-bagian vital motor mengalami kerusakan.

Baca Juga: Catat, Berikut Jadwal MotoGP Austria 2022 Minggu Ini

Seperti misalnya pada bagian lengan ayun, rangka, tangki, mesin, atau bagian elektronik. Maka biaya perbaikannya bisa tembus 500 ribu Euro (Rp 8,1 miliar).

3. Alasan kenapa harga motor MotoGP sangat mahal

Ada alasan kenapa motor MotoGP harganya bisa sangat mahal. Motor MotoGP menggunakan mesin prototipe yang dibuat khusus dengan teknologi yang paling terbaru di dunia industri motor. Selain mesin, berbagai komponen pendukung di motor MotoGP juga diproduksi dengan riset dan material yang khusus sehingga otomatis membuat biaya produksinya menjadi sangat mahal. Jadi memang motor MotoGP dibuat khusus untuk balapan, bukan untuk diproduksi secara massal. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga