Hari ini HUT Sultra ke-56, tak Ada Perayaan

Musdar, telisik indonesia
Senin, 27 April 2020
0 dilihat
Hari ini HUT Sultra ke-56, tak Ada Perayaan
Kegiatan HUT Sultra yang setiap tahun dilaksanan dengan berbagai kegiatan, untuk tahun 2020 ini ditiadakan demi mencegah penyebaran COVID-19. Foto: Ist.

" Dalam HUT Sultra akan fokus pada kegiatan yang bersifat sosial dan pelayanan kesehatan, dalam rangka upaya pencegahan, percepatan, dan penanganan COVID-19 di Bumi Anoa Provinsi Sulawesi Tenggara yang kita cintai dan banggakan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memutuskan momentum HUT ke-56 Sulawesi Tenggara yang jatuh pada hari ini, (27/4/2020), dilaksanakan tanpa perayaan.

Padahal, HUT Sultra setiap tahunnya biasa dirayakan dengan penuh semarak dan suka cita, seperti pertandingan olah raga dan lomba kesenian antara OPD, expo dan lainnya.

Namun karena Sultra tengah menghadapi pandemi COVID-19, rangkaian kegiatan itu ditiadakan.

Dinas Kominfo Sultra, melalui rilisnya menuliskan, peniadaaan perayaan berdasarkan Keputusan Presiden No. 12 Tahun 2020 Tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 19 (COVID-19) Sebagai Bencana Nasional.

Selain itu, didasari Maklumat Kapolri No. Mak/2/III/2020 Tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (COVID-19).

Baca juga: Rangkaian Kegiatan HUT Kota Kendari Ditiadakan

Kemudian, Himbaun Gubernur Sultra No. 443/1390/2020 Tentang Percepatan Penanganan COVID-19 dan Surat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Tenggara No. 160/366/2020 Perihal Peniadaan Rapat Paripurna Dalam Rangka HUT Sultra ke-56.

Meski tanpa perayaan, sebagai bentuk rasa syukur karena Sultra telah menginjak usia 56 tahun, dan bertepatan bulan suci Ramadan 1441 Hijriah, maka gubernur, wakil gubernur, ketua DPRD, anggota Forkopimda Sultra dan seluruh OPD lingkup Sultra akan melaksanakan kegiatan untuk penanganan COVID-19.

"Dalam HUT Sultra akan fokus pada kegiatan yang bersifat sosial dan pelayanan kesehatan, dalam rangka upaya pencegahan, percepatan, dan penanganan COVID-19 di Bumi Anoa Provinsi Sulawesi Tenggara yang kita cintai dan banggakan," ungkap Ali Mazi, melalui rilis Diskominfo Sultra, Senin (27/4/2020).

Kegiatan sosial yang dilakukan berupa pemberian bantuan sembako berdasarkan data dari Dinas Sosial, Dinas Nakertrans, dan Dinas Catatan Sipil Provinsi Sultra, serta mekanisme penyalurannya tetap mengacu pada protokol kesehatan COVID-19.

Reporter: Musdar

Editor: Rani

Baca Juga